Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Share Screen WhatsApp di iPhone, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 09/08/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Fitur share screen atau screen sharing sudah hadir di aplikasi pesan instan WhatsApp atau biasa disingkat WA. Semua pengguna, termasuk pengguna iPhone, sekarang sudah bisa mencoba fitur baru share screen WhatsApp.

Lantas, bagaimana cara share screen WA di iPhone? Cara share screen WA di iPhone itu cukup mudah. Namun, mengingat fitur share screen di WA merupakan fitur yang baru dirilis, tak semua pengguna mungkin sudah mengerti atau memahami cara mengoperasikannya.

Baca juga: Screen Sharing Hadir di WhatsApp, Video Call WA Mirip Zoom Meeting

Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap mengenai cara share screen WA di iPhone. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini mengenai cara share screen WA di iPhone dengan mudah dan praktis.

Letak dan fungsi share screen di WA

Sebelum mulai share screen WhatsApp di iPhone, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu letak dan fungsi dari fitur tersebut.

Fitur share screen terletak pada tombol baru “Share Screen” yang muncul saat pengguna melakukan video call di WA. Ketika video call dengan pengguna lain, pengguna bisa klik tombol “Share Screen” dan mulai membagikan layar atau konten yang tengah dibuka.

Fungsi share screen di WA mirip dengan fitur yang terdapat pada aplikasi telekonferensi seperti Zoom atau Google Meet, yaitu untuk membagikan layar atau konten yang tengah dibuka pengguna di perangkatnya ke pengguna lain.

Lewat fitur share screen di WA, pengguna bisa membagikan layar atau konten yang tengah dibuka pada perangkatnya saat melakukan video call di WA. Kemudian, pengguna lain yang ada di video call bakal bisa melihat layar atau konten yang tengah dibuka pengguna.

Fitur share screen di WA bisa dimanfaatkan pengguna untuk melakukan presentasi, sama seperti di aplikasi telekonferensi. Itulah letak dan fungsi share screen di WA. Sementara itu, untuk mengoperasikannya di iPhone, berikut adalah penjelasan cara share screen WA.

Baca juga: Cara Logout WhatsApp di HP yang Hilang, Penting agar Akun Tak Disalahgunakan

Cara share screen WA di iPhone

  • Buat panggilan video seperti biasa, dengan mengetuk ikon video call pada kontak atau grup.
  • Setelah video call tersambung, ketuk tombol “Share Screen” yang berada tepat di sebelah kanan tombol putar-balik kamera.
  • Kemudian, pilih opsi “Start Broadcast”.
  • Selanjutnya, pengguna bakal disajikan pemberitahuan bahwa fitur share screen telah aktif.
  • Setelah itu, pengguna bisa mulai membagikan layar atau konten yang dibuka di perangkatnya pada pengguna lain.
  • Untuk mengakhiri sesi share screen, pengguna bisa memilih opsi “Stop Sharing” yang terdapat pada jendela video call WA.

Ilustrasi cara share screen di WA.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara share screen di WA.

Cukup mudah bukan cara share screen WA di iPhone? Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada aplikasi WhatsApp versi 23.15.78 untuk iPhone. Demikianlah penjelasan seputar cara share screen WA di iPhone.

Ketersediaan fitur share screen WhatsApp

Sebagai informasi tambahan, kabar mengenai kehadiran fitur yang memungkinkan pengguna membagikan layar saat video call atau fitur screen sharing WA ini, sejatinya telah berhembus sejak sekitar akhir Mei lalu.

Akan tetapi, fitur share screen baru digelontorkan ke pengguna secara umum mulai kemarin Selasa (8/8/2023), sekitar pukul 20.58 WIB. Kedatangan fitur baru ini diumumkan langsung oleh Mark Zuckerberg, CEO Meta (induk perusahaan WhatsApp).

“Kami menambahkan kemampuan untuk membagikan layar Anda selama video call di WhatsApp,” kata Zuckerberg melalui pesan siaran di Meta Channel pada layanan Direct Message Instagram, Selasa (8/8/2023).

Selain di iPhone seperti yang dijelaskan di atas, fitur share screen WhatsApp saat ini juga sudah tersedia di Android. Berdasar pantauan KompasTekno, fitur share screen sudah tersedia pada aplikasi WhatsApp versi 2.23.15.81 di Android.

Baca juga: 2 Cara Logout WhatsApp Tanpa Menghapus Akun dengan Mudah

Seandainya belum mendapatkan fitur ini, harap bersabar. Sebab, fitur baru seperti fitur share screen WhatsApp kemungkinan besar masih digelontorkan secara bertahap ke semua pengguna. Dalam tahap ini, bisa saja ada pengguna yang belum mendapatkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com