Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Mematikan Data Hanya untuk WhatsApp dengan Mudah

Kompas.com - Diperbarui 28/08/2023, 06:09 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui cara mematikan data hanya untuk WhatsApp. Sebab, cara ini bakal dibutuhkan pengguna ketika hendak beristirahat sejenak dan ingin mematikan WhatsApp sementara.

Sebagaimana cukup umum diketahui, WhatsApp dapat dipakai untuk mengirim dan menerima pesan apabila terhubung dengan jaringan internet. Dengan demikian, mematikan akses data internet untuk WhatsApp dapat membuatnya nonaktif.

Baca juga: Cara Memindahkan WhatsApp dari iPhone ke HP Android, Mudah dan Praktis

Ketika akses datanya dimatikan, pengguna tidak akan menerima notifikasi masuk dari WhatsApp yang mungkin dirasa mengganggu dalam kondisi tertentu seperti saat berlibur, sehingga dapat beristirahat sejenak dengan lebih tenang.

Di kebanyakan ponsel saat ini, terdapat fitur yang memungkinkan pengguna dapat mematikan akses data internet hanya untuk aplikasi tertentu. Dengan fitur itu, pengguna tak perlu mematikan secara total jaringan internet di ponsel.

Pengguna bisa memilih beberapa aplikasi, termasuk hanya WhatsApp, untuk membuatnya tidak dapat mengakses data internet. Lantas, bagaimana cara mematikan data hanya untuk WhatsApp? Caranya mematikan data hanya untuk WhatsApp itu cukup mudah

Pengguna bisa mematikan data WhatsApp melalui menu pengaturan jaringan internet yang terdapat di kebanyakan ponsel. Akan tetapi, menu pengaturan jaringan internet itu letaknya berbeda antara di ponsel Android dan iPhone.

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mematikan data hanya untuk WhatsApp, baik di ponsel Android maupun iPhone.

Cara mematikan data hanya untuk WhatsApp

Seperti yang sempat disebutkan di atas, cara mematikan data hanya untuk WhatsApp itu cukup mudah, tetapi terdapat perbedaan langkah dalam mengoperasikannya di iPhone dan ponsel Android.

Baca juga: Arti “Memanggil” di WhatsApp Saat Telepon dan Bedanya dengan “Berdering”

Adapun penjelasan cara mematikan data hanya untuk WhatsApp di kedua platform ponsel itu adalah sebagai berikut:

1. Mematikan data WhatsApp di iPhone

  • Buka menu pengaturan di iPhone.
  • Pilih menu “Seluler” dan gulir ke bawah hingga menemukan daftar semua aplikasi yang menggunakan data internet dari jaringan seluler.
  • Selanjutnya, pada daftar tersebut, cari aplikasi WhatsApp dan geser tombol untuk mematikan akses data internet dari jaringan seluler.
  • Data WhatsApp dari jaringan seluler kini berhasil dimatikan di iPhone.

Ilustrasi cara mematikan data hanya untuk WhatsApp di iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mematikan data hanya untuk WhatsApp di iPhone.

Perlu diketahui, di iPhone, pembatasan akses data internet pada aplikasi tertentu hanya dapat dilakukan untuk jaringan seluler. Sementara itu, untuk jaringan WiFi, pengguna tidak dapat membatasi akses data internet pada aplikasi tertentu.

Jadi, ketika pengguna telah mematikan data WhatsApp di iPhone, tetapi masih terhubung dengan jaringan WiFi, maka WhatsApp tetap dapat mengirimkan notifikasi. Sebab, yang dimatikan hanya akses data untuk jaringan seluler.

Pengoperasian fitur pembatasan akses data internet pada aplikasi tertentu di iPhone itu berbeda dengan di ponsel Android. Di ponsel Android, pengguna dapat mematikan data pada aplikasi tertentu untuk jaringan seluler dan WiFi. Caranya adalah sebagai berikut:

2. Mematikan data WhatsApp di Android

  • Cara mematikan data WhatsApp di Android bisa berbeda-beda di tiap model ponsel.
  • Jika di ponsel Android Xiaomi, pengguna dapat mematikan data WhatsApp dengan langkah pertama yaitu mengakses aplikasi bawaan Keamanan.
  • Setelah itu, pada aplikasi Keamanan, pilih opsi “penggunaan data”.
  • Kemudian, pilih opsi “batasi penggunaan data”.
  • Pada opsi itu, pengguna dapat memilih membatasi penggunaan data aplikasi untuk jaringan seluler atau WiFi.
  • Terakhir, pengguna tinggal mencari aplikasi WhatsApp dan mematikan akses data internetnya.

Ilustrasi cara mematikan data hanya untuk WhatsApp di Android.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mematikan data hanya untuk WhatsApp di Android.

Baca juga: Ciri-ciri WhatsApp Sedang dalam Panggilan Lain yang Perlu Diketahui

Itulah dua cara mematikan data hanya untuk WhatsApp, baik di iPhone maupun di ponsel Android. Dengan cara di atas, pengguna bisa mematikan WhatsApp sementara, sehingga tidak terganggu saat ingin beristirahat sejenak, selamat mencoba.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com