Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Siap Rilis Ponsel Flagship Baru di Indonesia, Find N3?

Kompas.com - 21/09/2023, 10:29 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Indonesia tengah menyiapkan ponsel flagship terbaru mereka. Perwakilan Oppo Indonesia mengatakan bahwa smartphone kelas atas ini akan hadir di Tanah Air pada kuartal IV-2023, atau sekitar bulan Oktober hingga Desember mendatang.

"Pada akhir kuartal-IV nanti, kami ada perangkat baru lagi, dari seri flagship," ungkap perwakilan Oppo Indonesia kepada KompasTekno, Rabu (20/9/2023).

Namun, pihak Oppo Indonesia masih belum memberi rincian lebih lanjut, termasuk informasi flagship apa yang siap dirilis. Kendati demikian, ada indikasi bahwa Oppo akan meluncurkan ponsel lipat terbarunya dalam waktu dekat di Indonesia.

Ponsel lipat tersebut adalah Oppo Find N3. Indikasi kuatnya berasal dari halaman Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Ponsel dengan nomor model "Oppo CPH2499" sudah lolos TKDN. Jika melihat bocoran yang beredar di dunia maya, nomor model tersebut mengarah pada ponsel lipat terbaru Oppo Find N3 yang saat ini belum diperkenalkan secara resmi oleh Oppo.

Dalam laman sertifikat TKDN dengan nomor 5169/SJ-IND.8/TKDN/6/2023 yang terbit pada 15 Juni 2023 tersebut, ponsel lipat teranyar Oppo ini lolos uji dengan Nilai TKDN Barang 37,05 persen.

Baca juga: Tablet Flagship Oppo Pad 2 Resmi di Indonesia, Harga Rp 10 Juta

Selain sudah lolos uji TKDN, perangkat yang diyakini sebagai Oppo Find N3 itu juga sudah lolos sertifikasi perangkat Pos dan Telekomunikasi (Postel) dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dalam laman sertifikat Postel, perangkat dengan model CPH2499 tampaknya sudah diizinkan dipakai di Tanah Air dengan nomor sertifikat 91770/SDPPI/2023. Sertifikat ini terbit sekitar satu bulan setelah Oppo Find N3 lolos uji TKDN, yaitu tepatnya pada 10 juli 2023.

Atur strategi

Oppo juga belum lama ini merilis dua smartphone dalam waktu berdekatan, yaitu Oppo A38 dan Oppo A98.

Oppo A38 meluncur pada 8 September, sementara Oppo A98 5G dirilis pada 14 September. Jeda waktu peluncuran ini hanya kurang lebih sepekan. Biasanya, vendor smartphone memberi jarak waktu yang lebih panjang untuk peluncuran smartphone, agar tidak kanibal di pasar.

Menurut Oppo Indonesia, strategi peluncuran yang berdekatan itu dilakukan untuk menyiapkan produk baru lainnya yang akan dirilis pada kuartal-IV 2023. Seperti disebutkan sebelumnya, ponsel flagship terbaru Oppo juga dijadwalkan meluncur di Indonesia kuartal-IV 2023.

Baca juga: Selisih Rp 400.000, Ini Beda Spesifikasi Oppo A38 dan Oppo A58

Selain ponsel Oppo juga menyiapkan lini seri A terbaru di Indonesia untuk kuartal-IV 2023. Namun, rincian modelnya belum diungkap ke publik.

Tak hanya A-series baru, perwakilan Oppo Indonesia juga menyebutkan bahwa ada model lain yang sedang disiapkan perusahaan untuk pengguna di Indonesia. Model yang dimaksud, termasuk smartphone yang dikategorikan sebagai flagship.

Kendati demikian belum ada rincian lebih lanjut soal smartphone baru itu.

Bocoran spesifikasi Oppo Find N3

Bocoran spesifikasi Oppo Find N3 pun sudah bertebaran di internet, meski tanggal peluncurannya belum diketahui. Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Oppo Find N3 kabarnya bakal dibekali dengan layar utama berukuran 8 inci, layar sekunder 6,5 inci. Kedua layar ini bejenis AMOLED dengan refresh rate 120 Hz.

Fitur pendukung Oppo Find N3 lainnya mencakup chipset Snapdragon 8 Gen 2, RAM LPDDR5X 16 GB, storage UFS 4.0 1 TB, serta baterai 4.805 mAh yang mendukung Wired Fast Charging 80W dan Wireless Fast Charging 50W.

Pada sektor kamera, ponsel ini konon bakal dibekali dengan kamera 32 MP di layar sekundernya, serta kamera 20 MP atau 32 MP di layar utamanya.

Untuk kamera belakang jumlahnya konon ada tiga, terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 48 MP, dan kamera telefoto "periskop" 32 MP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com