Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengunjungi "Booth" Xiaomi di MWC Barcelona 2024, Ada Mobil SU7 Max dan Cyberdog Salto

Kompas.com - 28/02/2024, 19:09 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

BARCELONA, KOMPAS.com - Dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) 2024 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol, pekan ini, Xiaomi memperkenalkan serangkaian produk dalam ekosistem pintar yang disebut sebagai "Human x Car x Home".

Sesuai namanya, ekossitem tersebut dimaksudkan untuk mencerminkan komitmen Xiaomi menghubungkan pengguna (human), mobil (car), dan rumah (home) lewat perangkat-perangkat buatannya, mulai dari gadget mobile hingga IoT dan mobil listrik.

Director of Communications Xiaomi International Daniel Desjarlais mengatakan Xiaomi berprinsip bahwa teknologi akan selalu berpusat pada manusia dan inovasi Xiaomi dirancang berdasarkan kebutuhan pengguna.

"Kami ingin menciptakan interkonektivitas end-to-end dari apa yang sudah tersedia saat ini," ujar Desjarlais dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

Mobil listrik pertama Xiaomi

Mobil listrik Xiaomi SU7 Max yang dipamerkan di booth Xiaomi di arena Mobile World Congress 2024 di Barcelona, SpanyolKOMPAS.com/ OIK YUSUF Mobil listrik Xiaomi SU7 Max yang dipamerkan di booth Xiaomi di arena Mobile World Congress 2024 di Barcelona, Spanyol

Ekosistem "Human x Car x Home" pun tercermin dalam produk-produk yang dipamerkan di booth Xiaomi di venue MWC 2024, hall 3 Fira Barcelona.

Salah satu produk yang paling menarik perhatian adalah mobil listrik (electric vehicle, EV) pertama Xiaomi, SU7 Max berkelir Ice Blue, yang ditampilkan di panggung berputar di tengah booth.

Konsol SU7 Max yang berdesain ala sedan sport ini menjalankan sistem operasi HyperOS yang dirancang untuk kemudahan konektivitas dengan perangkat-perangkat lain dari Xiaomi, seperti smartphone dan perangkat smart home.

Xiaomi berencana merilis SU7 yang terdiri dari varian SU8, SU7 Pro, dan SU7 Max pada 2024, namun tanggal pastinya masih belum diungkap.

Baca juga: Melihat dari Dekat Mobil Listrik Xiaomi SU7 Max di MWC Barcelona

Robot anjing CyberDog 2

Robot anjing CyberDog 2 di booth Xiaomi di arena eksebisi Mobile World Congress 2024 di Barcelona, SpanyolKOMPAS.com/ OIK YUSUF Robot anjing CyberDog 2 di booth Xiaomi di arena eksebisi Mobile World Congress 2024 di Barcelona, Spanyol

Produk lain yang ikut mencuri perhatian adalah anjing robot CyberDog 2 yang pertama kali diperkenalkan pada 2023 lalu dan ikut diboyong ke Barcelona.

Berbentuk mirip anjing sungguhan, CyberDog 2 yang berbanderol 3.000 dollar AS (sekitar Rp 47 juta) ini ternyata bisa bergerak lincah, bahkan hingga melakukan salto ke arah belakang (backflip) hingga 3 kali.

Xiaomi mengatakan CyberDog 2 yang dirancang untujk meniru gerakan-gerakan anjing sungguhan bisa membuat keputusan sendiri dan memiliki 19 sensor untuk mendeteksi visual, sentuhan, dan pendengaran.

Seperti pendahulunya, CyberDog 2 bersifat open source sehingga para developer bisa membikin aneka program untuk sang robot anjing.

Baca juga: Ini Dia Robot Android Mini Pertama di Dunia, Buatan Karyawan Nomor 9 Xiaomi

Duo ponsel flagship Xiaomi 14 Series

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com