Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link dan Cara Cek “My Sound Aura” Spotify yang Lagi Ramai di Medsos

Kompas.com - 23/02/2024, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan, di media sosial (medsos) seperti Twitter X dan Instagram, pengguna ramai membagikan gambar “My Sound Aura” yang berisi aura diri berdasar musik favorit di Spotify.

Salah satu keramaian ini bisa dilihat lewat salah satu unggahan dari akun base dengan handle @ssefnum di Twitter X, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: Ramai soal Fitur di WhatsApp yang Diduga Bisa buat Selingkuh, Apa Itu?

Pada twit tersebut, pengguna mengunggah gambar yang berisi tulisan “My Sound Aura” dan warna aura berdasar musik yang sering didengar di Spotify. Selain contoh di atas, masih banyak lagi pengguna yang ikut tren My Sound Aura di medsos.

Melihat keramaian ini, lantas bagaimana cara cek My Sound Aura Spotify? Dari beberapa unggahan pengguna, My Sound Aura diketahui dibuat dari website Musictaste.space.

Website tersebut pada dasarnya menyediakan layanan My Sound Aura yang dapat dipakai untuk memeriksa warna aura diri berdasar musik yang sering diputar atau musik favorit di Spotify. Selain warna aura, pengguna juga bisa melihat daftar musik favorit.

Jika tertarik untuk mencobanya, berikut adalah link My Sound Aura Spotify dan cara ceknya yang lagi ramai di medsos.

Cara cek My Sound Aura

  • Kunjungi link My Sound Aura Spotify ini https://musictaste.space
  • Kemudian, login akun Spotify di website tersebut dengan memasukkan username dan password.
  • Pengguna bakal dimintai izin akses data publik atas akun Spotify miliknya oleh website Musictaste.space.
  • Setelah diizinkan dan berhasil login, pilih menu “Insight”.
  • Selanjutnya, website bakal menampilkan aura diri pengguna berdasar musik atau lagu yang sering diputar di Spotify.
  • Kemudian, pengguna juga bisa memeriksa daftar artis dan lagu favorit di Spotify.
  • Setelah memeriksanya, pengguna bisa membagikan My Sound Aura Spotify miliknya ke medsos dengan klik opsi “Share”.

Ilustrasi cara cek My Sound Aura Spotify.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek My Sound Aura Spotify.

Baca juga: Cara Bikin Video “How I Would Look Like in 1930” yang Lagi Ramai di TikTok, Mudah

Cukup mudah bukan cara cek My Sound Aura Spotify yang lagi ramai di Medsos? Sebagai informasi tambahan, untuk membuat gambar aura diri berdasar musik favorit, My Sound Aura dikembangkan dengan memakai Web API dari Spotify (Spotify API).

Spotify API sendiri adalah program perangkat lunak yang berfungsi untuk menjembatani permintaan atau perintah pengguna di layar aplikasi dengan server Spotify.

Lewat program perangkat lunak tersebut, pengembang pihak ketiga seperti ngenart.com bisa membuat layanan eksternal (di luar Spotify) dengan mengambil data pengguna yang berasal dari server atau database Spotify.

Supaya bisa mengambil data pengguna, layanan My Sound Aura yang berbasis Spotify API perlu mendapat izin atau otorisasi dari pengguna. Oleh sebab itu, pengguna tadi diminta dulu untuk memasukkan akun Spotify sebagai bentuk otorisasi layanan.

Setelah diberikan izin oleh pengguna, My Sound Aura bisa mengakses data publik seperti username Spotify, nama pengguna (ID) Spotify pengguna, foto profil, jumlah pengikut, playlist publik milik pengguna, dan daftar musik yang sering diputar.

Seandainya ingin memutus akses My Sound Aura pada akun, pengguna bisa membuka laman pengaturan akun Spotify di situs ini https://www.spotify.com/id/account. Kemudian,
bila telah login di situs itu, silakan pilih menu “Aplikasi”.

Selanjutnya, cari layanan “Music Taste” yang tadi telah diotorisasi, lalu klik opsi “Hapus Akses”. Dengan dihapus aksesnya, layanan My Sound Aura dari Music Taste akan berhenti mengakses data pengguna di Spotify.

Demikianlah penjelasan seputar cara cek My Sound Aura Spotify yang tengah ramai dibagikan di Medsos, selamat mencoba.

Baca juga: Cara Melihat Gojek Wrapped yang Lagi Ramai di Medsos, Bisa Cek Total Transaksi Setahun

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com