Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa WhatsApp Keluar Sendiri atau “Force Close”? Ini Penyebab dan 10 Cara Mengatasinya

Kompas.com - 17/03/2024, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah yang umum terjadi saat mengoperasikan aplikasi pesan instan WhatsApp. Salah satunya seperti masalah WhatsApp keluar sendiri atau WhatsApp force close.

Dalam kondisi normal, saat membuka aplikasi WhatsApp, pengguna bakal langsung bisa mengakses semua fitur dan layanan di dalamnya, termasuk chat dan telepon. Namun, ketika masalah ini terjadi, aplikasi WhatsApp bisa tertutup tiba-tiba ketika dibuka.

Baca juga: 10 Ciri WhatsApp Disadap, Perhatikan untuk Menjaga Akun Tetap Aman

Masalah WhatsApp force close barangkali bisa membuat pengguna kerepotan. Untuk berjaga-jaga jika mengalami masaiah ini, pengguna kiranya perlu mengetahui cara mengatasi WhatsApp keluar sendiri.

Akan tetapi, sebelum mengetahui caranya, pengguna penting untuk mengetahui dulu penyebab WhatsApp force close. Lantas, kenapa WhatsApp keluar sendiri? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa penyebab WhatsApp keluar sendiri.

Penyebab WhatsApp force close

Ada beberapa penyebab WhatsApp force close atau keluar sendiri yang perlu diketahui pengguna. Pertama, penyebab WhatsApp force close bisa muncul karena terdapat bug atau gangguan pada sistem aplikasi dan HP yang dipakai (handphone).

Kemudian, penyebab WhatsApp keluar sendiri adalah versi aplikasi WhatsApp yang digunakan pengguna sudah usang. WhatsApp versi lama kadang membawa sejumlah gangguan yang mengganggu pengoperasiannya di HP.

Selanjutnya, masalah ini bisa disebabkan karena sistem operasi HP yang juga sudah terlalu usang. Aplikasi WhatsApp memiliki persyaratan minimum sistem operasi HP yang harus diperhatikan pengguna.

Jika sistem operasi HP terlalu lama atau tidak memenuhi syarat minimum, aplikasi WhatsApp tidak akan bisa dibuka. Selain itu, penyebab WhatsApp force close juga bisa datang dari masalah koneksi internet di HP yang kurang memadai.

Saat koneksi internet kurang memadai, aplikasi WhatsApp tidak akan bisa diakses. Kemudian, masalah ini bisa disebabkan pula karena server aplikasi WhatsApp mengalami masalah atau down, sehingga pengoperasiannya di HP pengguna ikut terganggu.

Itulah beberapa penyebab WhatsApp force close. Penyebab ini penting diketahui supaya pengguna dapat menentukkan solusi yang akan dilakukan. Lantas, bagaimana cara mengatasi WhatsApp keluar sendiri?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara mengatasi WhatsApp keluar sendiri dengan mudah dan praktis.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi Akun Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp karena Spam

Cara mengatasi WhatsApp keluar sendiri

Cara mengatasi WhatsApp keluar sendiri itu pada dasarnya cukup mudah. Ada banyak pilihan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Misalnya, pengguna bisa memulai dengan restart aplikasi WhatsApp.

Kemudian, pengguna juga bisa memeriksa apakah server aplikasi WhatsApp mengalami gangguan. Selain itu, masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengatasi WhatsApp keluar sendiri adalah sebagai berikut.

1. Restart aplikasi WhatsApp

Cara mengatasi WhatsApp keluar sendiri yang pertama adalah dengan restart atau muat ulang aplikasi WhatsApp. Caranya, tutup aplikasi WhatsApp secara penuh, termasuk di latar belakang. Setelah itu, buka kembali aplikasi WhatsApp.

Cara ini dapat menyegarkan kembali aplikasi WhatsApp yang mungkin mengalami gangguan, sehingga tidak dapat memuat suara status.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com