Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Pin Lebih Banyak Chatroom dan Pesan WA?

Kompas.com - 18/03/2024, 07:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Aplikasi perpesanan instan WhatsApp (WA) diyakini bakal menambah kuantitas fitur "pin chatroom WA", dari tiga menjadi lima chat.

Dengan ini, pengguna bakal bisa lebih banyak menyematkan chatroom atau ruang obrolan WA grup/pribadi agar selalu berada di atas ruang obrolan aplikasi WhatsApp.

Kabar fitur pin chatroom WA lebih banyak ini terendus oleh WABetaInfo, situs yang kerap memberi bocoran fitur-fitur WhatsApp dengan akurat, sebelum resmi meluncur.

WABetaInfo menyebut bahwa fitur untuk menyematkan lebih dari tiga obrolan ini terpantau mulai digulirkan lewat pembaruan WhatsApp beta versi 2.24.6.13 untuk ponsel Android.

WhatsApp tengah mengembangkan kemampuan menyematkan (pin) lebih dari 3 chat WA. Dalam gambar, pengguna terlihat bisa pin 5 chat WA, sehingga ruang obrolan tetap berada di atas aplikasi WhatsApp.WABetaInfo WhatsApp tengah mengembangkan kemampuan menyematkan (pin) lebih dari 3 chat WA. Dalam gambar, pengguna terlihat bisa pin 5 chat WA, sehingga ruang obrolan tetap berada di atas aplikasi WhatsApp.
Dalam foto tangkapan layar yang dibagikan, WABetaInfo terlihat bisa menyematkan 5 chat WA, sehingga posisinya berada di paling atas dan tak akan tergeser ke bawah jika ada pesan baru masuk dari chatroom lain.

Baca juga: WhatsApp Punya Fitur Pin, Bisa Taruh Pesan Penting Teratas di Chat Pribadi dan Grup

Menurut WABetaInfo, WhatsApp mungkin juga mempertimbangkan fitur untuk menyematkan lebih dari 5 obrolan. Bila akurat, jumlah ini meningkat dari kemampuan fitur pin saat ini yang hanya bisa menyematkan maksimal tiga chat WA.

Jika kemampuan pin chat WA ditambah, ini kemungkinan besar akan bermanfaat bagi pengguna yang sering berkomunikasi dengan lebih banyak kontak atau memiliki banyak grup penting.

Pengguna tak akan khawatir chat pentingnya ketumpuk oleh chat lain, sebab chat bisa di-pin dan selalu berada di posisi paling atas.

Bisa pin hingga 3 pesan?

WhatsApp tengah menguji fitur menyematkan pesan (pinned messages) hingga 3 pesan. Saat ini, pengguna terbatas hanya bisa menyematkan satu pesan saja di tiap ruang obrolan grup/pribadi.WABetaInfo WhatsApp tengah menguji fitur menyematkan pesan (pinned messages) hingga 3 pesan. Saat ini, pengguna terbatas hanya bisa menyematkan satu pesan saja di tiap ruang obrolan grup/pribadi.
WhatsApp dilaporkan juga bakal memungkinkan pengguna menyematkan lebih dari satu pesan di dalam ruang obrolan WhatsApp.

WhatsApp pertama kali merilis fitur pin pesan (pinned message) di dalam ruang obrolan WA pada Desember 2023. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk menyematkan pesan penting, seperti jadwal kegiatan/rapat, alamat rumah, janji penting, dan banyak lainnya.

Baca juga: Cara Pin Chat WhatsApp agar Selalu di Atas dengan Mudah

Pesan yang di-pin akan selalu terlihat di atas ruang obrolan, tepat di bawah nama grup/kontak. Ketika pin diklik, pengguna akan langsung dibawa ke ketika pesan tersebut dikirim oleh lawan bicara.

Jadi, pengguna tak perlu repot-repot menggulir (scroll) layar mereka, atau mencari pesan tersebut dengan fitur Search, apabila ingin mencari pesan penting di suatu percakapan WhatsApp.

Namun hingga saat ini, pengguna hanya bisa menyematkan satu pesan yang dikirim seseorang dalam percakapan pribadi atau di dalam grup.

Nah inilah yang diyakini akan ditingkatkan oleh WhatsApp. Menurut laporan WABetaInfo, WhatsApp bakal memungkinkan pengguna menyematkan hingga 3 pesan di satu ruang percakapan.

Saat pengguna mencoba menyematkan pesan keempat, WhatsApp secara otomatis menghapus pesan terlama dari daftar pesan yang disematkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman WABetaInfo, Sabtu (16/3/2024).

Hal ini diketahui WABetaInfo setelah menginstal pembaruan WhatsApp beta versi 2.24.6.15 untuk ponsel Android. Bila fitur ini dirilis ke publik, maka pengguna akan bisa lebih mudah menemukan pesan penting di ruang obrolan.

Perlu dicatat, fitur ini masih dikembangkan dan diuji kepada pengguna WhatsApp beta. Belum diketahui kapan fitur pin WA ini bakal dirilis ke pengguna WhatsApp stabil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com