Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Melihat Status? Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 18/03/2024, 13:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Status WhatsApp (WA) merupakan salah satu fitur yang memungkinkan pengguna mengunggah berbagai momen baik foto atau video. Mirip dengan Instagram Stories, konten yang diunggah akan bertahan selama 24 jam saja.

Pengguna bisa melihat status dari kontak lain yang disimpan di bagian tab “Updates/Pembaruan”. Namun ada beberapa kasus di mana pengguna tidak bisa melihat status WA orang lain.

Lantas kenapa WhatsApp tidak bisa melihat status WA? Pengguna yang tidak bisa melihat status WhatsApp bisa jadi disebabkan karena beberapa faktor.

Mulai dari koneksi internet yang tidak stabil, pengaturan privasi pengguna, hingga tidak sengaja membisukan status pengguna tertentu.

Maka dari itu berikut ini KompasTekno merangkum beberapa penyebab dan cara mengatasi Status WhatsApp yang tidak muncul.

Baca juga: 4 Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru dengan Mudah dan Praktis

Penyebab Status WhatsApp tidak muncul

Terdapat beberapa penyebab mengapa Status WhatsApp pengguna lain tidak muncul:

  • Status hilang setelah diposting 24 jam
  • Jika Anda belum menyimpan nomor telepon kontak tersebut, Anda tidak akan melihat statusnya. Hal yang sama berlaku untuk orang lain
  • Ada kemungkinan pembaruan status dibisukan di pengaturan WhatsApp.
  • Kontak yang diblokir
  • Ada beberapa pengaturan privasi status yang Anda atur dan menyebabkan status WhatsApp tidak muncul
  • WhatsApp masih berada di versi lama
  • Masalah jaringan internet

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa melihat Status

Berikut ini beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasi WhatsApp tidak memunculkan Status

Simpan kontak

Salah satu penyebab WhatsApp Status tidak muncul adalah Anda tidak menyimpan kontak maupun sebaliknya. Maka dari itu Anda harus menyimpan nomor telepon seseorang yang ingin Anda lihat statusnya di ponsel Anda.

Setelah Anda menyimpan nomornya, mulailah berkomunikasi dengan mereka dengan mengirim pesan. Dengan melakukan ini, Anda akan dapat melihat pembaruan status mereka.

Unmute Status WhatsApp

Bisa jadi Anda pernah membisukan status dari beberapa kontak dan lupa mengaktifkannya kembali. Hal ini yang menyebabkan Anda tidak akan melihat pembaruan status dari mereka. Untuk melihatnya kembali, cukup aktifkan kembali fitur tersebut.

  • Buka tab “Updates/Pembaruan”
  • Gulir ke bawah dan buka tab “Pembaruan yang dibisukan”
  • Pilih kontak tertentu yang ingin Anda aktifkan kembali status WhatsApp

Kontak diblokir

Penyebab lain WhatsApp tidak bisa melihat status adalah kontak Anda diblokir. Begitu pun sebaliknya, Anda bisa jadi telah memblokir kontak pengguna tertentu sehingga Status WhatsApp tidak muncul.

Untuk itu Anda bisa membuka pemblokiran kontak terlebih dahulu agar bisa melihat Status WhatsApp kembali muncul. Bagi Anda yang ragu apakab kontak Anda diblokir atau tidak, bisa menyimak artikel  "Cara Blokir Teman di WA dan Ciri-ciri WhatsApp yang DIblokir".

Privasi Status WA diubah, Anda bisa jadi dikecualikan

WhatsApp memiliki pengaturan privasi dalam visibilitas Status. Anda dapat memilih beberapa pilihan.

  • “Kontak Saya” yang berarti memilih seluruh kontak yang Anda simpan dapat melihat Status Anda
  • “Kontak saya, kecuali” Anda dapat memilih kontak-kontak tertentu yang tidak dapat melihat status WA Anda dan “Bagikan hanya ke kontak tertentu” berarti Anda bisa membagikan Status WhatsApp ke kontak-kontak tertentu yang Anda pilih.

Apabila Anda tidak diblokir namun tidak bisa melihat update Status Whatsapp, bisa jadi Anda dikecualilkan atau tidak masuk dalam daftar yang diizinkan.

Jaringan internet tidak stabil

Masalah jaringan internet yang tidak stabil bisa jadi membuat Status WhatsApp tidak muncul. Cobalah untuk mengganti ke jaringan yang lebih stabil, seperti menggunakan koneksi WiFi lain atau jaringan data internet.

Update WhatsApp ke versi terbaru

Penyebab status WhatsApp tidak muncul juga bisa jadi disebabkan karena WhatsApp mengalami bug karena belum Anda perbarui ke versi terbaru. Maka dari itu segera cek toko aplikasi ponsel Anda dan cek apakah terdapat notifikasi pembaruan terbaru dari WhatsApp.

Apabila ada pemabruan terbaru dari WhatsApp, maka segera lakukan pembaruan agar mengatasi bug atau error yang terjadi di aplikasi WhatsApp.

Baca juga: Ramai Tampilan WhatsApp Android Berubah, Ini Bedanya dengan Versi Lama

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com