Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Nova 12 Series Meluncur Global, Bawa Kamera 108 MP

Kompas.com - 20/03/2024, 10:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi asal China, Huawei, resmi meluncurkan lini smartphone Nova 12 series di pasar global, Selasa (19/3/2024). Smartphone Huawei Nova 12 series ini mencakup Huawei Nova 12i, Nova 12s, dan Nova 12 SE.

Huawei Nova 12i merupakan smartphone baru, sehingga bukan merupakan rebrand dari ponsel Huawei lainnya.

Sementara Huawei Nova 12s merupakan rebrand dari Huawei Nova 11 versi China dengan warna yang berbeda. Kemudian Huawei Nova 12 SE sejatinya memiliki spesifikasi yang sama seperti Huawei Nova 11 SE.

Selengkapnya, pengguna bisa menyimak spesifikasi Huawei Nova 12i, Nova 12s, dan Nova 12 SE di bawah ini.

Spesifikasi Huawei Nova 12i

Huawei Nova 12iGSMArena Huawei Nova 12i
Huawei Nova 12i hadir dengan layar LCD berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.388 x 1.080 piksel), refresh rate 90 Hz, touch sampling rate 270 Hz, dan dukungan warna 16,7 juta.

Layar ini dihias oleh sebuah modul lubang (punch hole) yang memuat kamera selfie 8 MP (f/2.2).

Bicara soal fotografi, bagian punggung Huawei Nova 12i dibekali kamera utama 108 MP (f/1.9), lensa depth 2 MP (f/2.4), dan sebuah lampu LED flash. Kamera ditempatkan dalam modul lingkaran yang besar.

Baca juga: Ponsel Lipat Huawei Pocket 2 Meluncur dengan 4 Kamera dan Komunikasi Satelit

Kamera belakang tersebut mendukung sejumlah fitur fotografi, seperti Night Mode, Professional Mode, Panoramic Photo, Face Mode, dan lain-lain.

Di sektor hardware, Huawei Nova 12i diotaki oleh chipset Snapdragon 680. Chipset 4G ini memiliki delapan inti (octa-core) dengan kecepatan clock hingga 2,4 GHz. Unit pengolah grafis (GPU) yang digunakan adalah Adreno 610.

Ponsel dibekali RAM 8 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB/256 GB. Storage yang luas memungkinkan pengguna untuk menyimpan lebih banyak file, foto, video, dan aplikasi.

Untuk daya, Huawei Nova 12i ditopang oleh baterai 5.000 mAh, dengan teknologi pengisian cepat (fast charging) Huawei SuperCharge berdaya 40 Watt. Baterai ini diklaim bisa terisi hingga 62 persen dalam 30 menit.

Karena merupakan ponsel internasional, Huawei Nova 12i menjalankan sistem operasi (OS) Android Open Source Project (AOSP) yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) EMUI 14.

Karena OSnya berbasis AOSP, maka ponsel ini tidak dibekali dengan layanan dan aplikasi dari Google seperti Gmail, Google Maps, dll.

Fitur pendukung lainnya mencakup pemindai sidik jari (fingerprint) yang terintegrasi dengan tombol daya, Bluetooth 5.0, Wi-Fi a/b/g/n/ac, konektivitas 4G, USB-C, NFC, dan masih banyak lagi.

Huawei mengeklaim bahwa proses membuka smartphone dengan fingerprint menjadi 5 persen lebih cepat dibanding generasi pendahulunya, sedangkan proses pendaftaran sidik jari menjadi 85 persen lebih cepat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com