Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mengatasi WhatsApp Keluar Sendiri

Kompas.com - 21/03/2024, 13:31 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mengalami akun WhatsApp yang keluar sendiri? Apabila pernah bisa jadi akun WhatsApp Anda mengalami bug atau error. Tak hanya itu hal ini bisa jadi indikasi akun WhatsApp diretas orang lain.

Hal ini tentu membuat sebagian pengguna waspada, terlebih lagi soal keamanan akun yang dikhawatirkan dapat disalahgunakan. Kendati demikian penyebab WA yang keluar sendiri juga tak hanya berindikasi karena penyadapan.

Beberapa pengguna yang tidak sengaja mengklik link tertentu juga bisa jadi dapat menyebakan aplikasi crash/bug. Nah bagi Anda yang mengalami akun WhatsApp yang keluar sendiri, berikut ini beberapa cara mengatasinya.

Baca juga: Ramai Tampilan WhatsApp Android Berubah, Ini Bedanya dengan Versi Lama

Cek pembaruan aplikasi dan login ulang

Salah satu penyebab aplikasi WhatsApp keluar sendiri, bisa jadi karena terjadi error. Hal ini biasanya dikarenakan pengguna tidak memperbarui aplikasi sehingga aplikasi mengalami bug. Maka dari itu cek pembaruan aplikasi di toko aplikasi Anda untuk melihat update versi terbaru dari WhatsApp.

Setelah melakukan update aplikasi, cobalah kembali melakukan login ulang di aplikasi. Masukkan nomor WhatsApp yang biasa Anda gunakan.

Instal ulang aplikasi

Cobalah untuk menghapus aplikasi WhatsApp dan selanjutnya instal ulang aplikasi di Google Play Store atau App Store. Selanjutnya login WhatsApp dengan nomor Anda. Pastikan sebelum menghapus dan menginstal aplikasi, Anda sempat melakukan pencadangan obrolan WhatsApp sebelumnya.

Apabila pengguna tidak rutin mencadangkan WhatsApp, maka bisa jadi obrolan atau chat WhatsApp Anda hilang karena penginstalan ulang.

Hapus cache WhatsApp

Bagi pengguna HP Android, WhatsApp yang error bisa jadi dikarenakan tumpukan cache. Maka dari itu cobalah untuk menghapus cache WhatsApp untuk memulihka WA kembali. Setelah itu login kembali dengan nomor telepon yang biasa Anda gunakan. Cara hapus cache WhatsApp di HP Android:

  • Buka “Setelan”
  • Pilih “Aplikasi”
  • Klik “Kelola Aplikasi”
  • Pilih “WhatsApp”
  • Klik “Hapus data”
  • Pilih “Bersihkan Cache”
  • Setelah membersihkan cache, selanjutnya login kembali

Hubungi support WhatsApp

Apabila ketika Anda login ulang menggunakan nomor telepon WhatsApp dan tidak bisa mengakses ulang akun, maka Anda bisa mengirim laporan dan menghubungi bantuan WhatsApp di support@whatsapp.com

Hal ini bisa jadi mengindikasikan akun WhatsApp Anda diretas oknum tak bertanggung jawab. Maka dari itu segera melakukan pelaporan pada bantuan Support WhatsApp agar akun Anda tetap aman.

Untuk itu untuk keamanan WhatsApp, Anda dapat meningkatkan fitur-fitur keamanan WA dengan mengaktifkanf fitur verifikasi dua langkah.

Cara mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah dapat disimak pada artikel “WhatsApp Terapkan Verifikasi Dua Langkah, Begini Cara Mengaktifkannya.

Baca juga: WhatsApp Bisa Beri Tahu Chat Pengguna Aman dari Peretas atau Tidak

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com