Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kata Kunci yang Paling Banyak Di-"googling" Orang Indonesia Jelang Ramadhan

Kompas.com - 15/03/2024, 17:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jelang bulan Ramadhan 2024, orang-orang Indonesia menelusur berbagai topik terkait puasa lewat mesin pencari Google Search. Tidak hanya puasa, masyarakat juga menelusur berbagai topik terkait Ramadhan, termasuk lebaran, doa puasa, hingga resep buka puasa dan sahur.

Menurut data Google, setidaknya ada delapan kata kunci yang paling banyak dicari jelang Ramadhan. Data ini dihimpun berdasarkan analisis Google Trends pada 7 - 14 Maret 2024 alias sepekan terakhir.

Google Trends yaitu situs yang yang menampilkan statistik seputar topik pencarian yang populer di Search pada kurun waktu tertentu.

"Kalau kita dalami dari topik seputar Ramadhan, lebaran dan puasa, minatnya beragam. Ada yang mencari seputar ceramah, resep buka puasa, sahur, bahkan ada juga yang sudah mulai merencanakan perjalanan mudik. Bisa dilihat dari kata kunci yang cukup trending dalam satu pekan terakhir," kata Feliciana Wienathan Communications Manager, Google Indonesia dalam konferensi pers #IniRamadhanKita di Jakarta, Kamis (15/3/2024).

Baca juga: 4 Fitur Pendukung Ramadhan di Layanan Google, Cari Kiblat Salah Satunya

Berikut daftar kata kunci yang paling banyak dicari jelang Ramadhan:

  • Ceramah singkat Ramadhan dan judulnya
  • Puncak arus mudik 2023
  • Doa puasa ramadan
  • Baju lebaran
  • Niat puasa ramadhan
  • Resep buat buka puasa dan sahur
  • Jam buka puasa
  • Poster ramadhan

Feliciana Wienathan Communications Manager, Google IndonesiaKompas.com/Lely Maulida Feliciana Wienathan Communications Manager, Google Indonesia

Pihak Google tak merinci berapa frekuensi pencarian masing-masing kata kunci itu. Bila ditelusur di Google Trends, puncak pencarian kata kunci "Ceramah singkat Ramadhan dan judulnya" terjadi pada 13 Maret 2024. Orang-orang yang paling banyak mencari topik ini berasal dari Sulawesi Selatan, Riau, Sumatera Barat, dan Sulawesi Tenggara.

Meski Idul Fitri masih sekitar tiga pekan lagi, minat masyarakat untuk menelusur "Baju lebaran" juga cukup tinggi jelang Ramadhan 2024. Dalam sepekan terakhir, kata kunci Baju lebaran terhitung meningkat pada 9 Maret 2024.

Baca juga: XL Axiata Rilis Paket Internet Khusus Ramadhan, Kuota 2 GB Harga Rp 3.000

Beberapa kueri terkait ramadhan yang juga pencariannya meningkat antara lain "model baju lebaran", "model baju 2024" hingga "warna baju lebaran 2024".

Masyarakat yang paling getol mencari "baju lebaran" sepekan terakhir, terpantau di wilayah Aceh, Jawa Tengah, dan Riau.

Paling sering "Googling" topik Puasa dan Idul Fitri

Menurut data Google Trends, Indonesia menempati peringkat kedua teratas di dunia yang paling sering menelusur topik Puasa dan Idul Fitri.

"Kata kunci Puasa dan Idul Fitri membawa Indonesia menjadi negara kedua teratas di seluruh dunia dengan pencarian terbanyak untuk kedua kata kunci itu," tutur Feliciana dalam kesempatan yang sama.

Untuk topik Puasa, Indonesia menempati peringkat kedua teratas di dunia yang paling sering menelusur topik tersebut di Google Search. Indonesia membuntuti Romania yang paling getol mencari topik puasa di Search.

Adapun daerah yang paling banyak menelusur topik puasa di Indonesia, yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. Beberapa topik lain yang relevan dengan puasa dan juga dicari masyarakat Indonesia lewat Search yaitu "Tanggal berapa? (puasa)" hingga "sidang isbat 2023".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com