Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi AI, Microsoft Rekrut Bos Proyek Google DeepMind

Kompas.com - 21/03/2024, 16:08 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft merekrut mantan bos yang memimpin proyek kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Google DeepMind, yaitu Mustafa Suleyman untuk mengurus salah satu proyek AI perusahaan.

Suleyman merintis laboratorium AI DeepMind bersama dua rekannya pada 2010 lalu, dan ia mengurus proyek tersebut hingga DeepMind diakuisisi Google sekitar 2014 lalu.

Setelah diakuisisi, ia tetap bekerja untuk DeepMind hingga 2019, sebelum ia diangkat sebagai AI Product Management Lead di Google hingga 2022.

Pada tahun tersebut, ia mengundurkan diri dari Google untuk merintis perusahaan AI baru yang fokus di pasar konsumen, yaitu Inflection.

Baca juga: Apple Mau Pakai Teknologi AI Google di iPhone?

Kembali ke Microsoft, selain Suleyman, perusahaan teknologi asal Redmond, Washington itu juga merekrut beberapa karyawan Inflection, termasuk rekan perintis perusahaan tersebut, Karen Simonyan.

Menurut laporan Bloomberg, di Microsoft, Suleyman dan kawan-kawan akan menggarap proyek atau produk AI yang fokus untuk segmen konsumen.

"Kami ingin memastikan bahwa produk AI Microsoft selanjutnya akan sangat canggih dan berguna bagi para pelanggan Microsoft saat ini," kata Sulaiman kepada Bloomberg.

Belum diketahui apa sebenarnya produk atau layanan AI yang akan digodok oleh Suleyman dan kawan-kawan.

Baca juga: Apple Diam-diam Akuisisi Startup AI Kanada, untuk Apa?

Namun yang jelas, kehadiran Suleyman akan membantu Microsoft berkompetisi dengan perusahaan teknologi besar lainnya di bidang AI, termasuk dengan Google.

Saat ini, kemajuan Microsoft di bidang AI terlihat di pengembangan asisten digital Copilot yang ditenagai dengan model bahasa besar (LLM) GPT-4. Bahkan, versi gratis Copilot kini mendukung GPT-4 Turbo, LLM yang lebih andal dibanding GPT-4.

Di sisi lain, Google juga semakin "tancap gas" dalam bidang AI. Belakangan, mereka meluncurkan layanan AI Gemini ke ponsel dengan sistem operasi (OS) Android.

Bahkan, layanan AI Google dikabarkan bakal hadir di ponsel buatan Apple, iPhone, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Kamis (21/3/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com