Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alat Berbasis AI Ini Bisa Bantu Guru Koreksi Tugas Siswa Pakai ChatGPT

Kompas.com - 08/03/2024, 19:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) diimplementasikan pada banyak bidang termasuk bidang pendidikan. Bahkan chatbot ChatGPT juga dimanfaatkan para guru untuk membantunya menilai tugas murid.

Perusahaan penerbit buku pelajaran dan teknologi Houghton Mifflin Harcourt mengembangkan sebuah alat berbasis AI yang didukung ChatGPT, untuk membantu guru dan pendidik menilai tugas-tugas siswa mereka. Alat itu disebut sebagai Writable.

Writable dirancang untuk menyederhanakan proses penilaian, sehingga membuat waktu para guru jadi lebih efisien. Alat ini kemudian dipakai oleh sejumlah pendidik yang mengajar di kelas 3-12 di Amerika Serikat (AS).

Secara teknis Writable memungkinkan guru mengirim esai siswa untuk selanjutnya dianalisis oleh ChatGPT. Kemudian alat itu akan memberikan tanggapan dan hasil observasi tugas murid.

Baca juga: ChatGPT Dipakai Bikin Program untuk Chatting dengan 5.000 Wanita di Tinder

Lalu, hasil itu akan ditinjau terlebih dahulu oleh oleh guru sebelum diteruskan ke siswa. Jadi pada dasarnya, masih diperlukan keterlibatan manusia meski prosesnya dibantu oleh ChatGPT atau AI generatif.

Selain bisa memberikan penilaian "sementara", Writable juga bisa memberikan saran tugas lain yang mungkin relevan dengan kebutuhan kelas.

Bukan hanya itu, alat ini diklaim mampu membantu guru mengembangkan kurikulum. Sederhananya, alat ini bisa membantu membuat rancangan pembelajaran untuk guru, bukan kurikulum besar yang dipakai di berbagai sekolah.

"Di Writable, Anda juga bisa memakai AI untuk membuat unit kurikulum, menghasilkan esai, pertanyaan dengan pilihan ganda, dan banyak lagi, disertai dengan kunci jawabannya," klaim pihak Writable sebagaimana tercantum di situs resminya.

Terlepas dari kemampuan itu, alat ini tentu memiliki kelemahan. Salah satunya yaitu berkurangnya proses penilaian yang dilakukan secara personal oleh pendidik. Di samping itu, ChatGPT jelas bukan analis yang sempurna untuk mengevaluasi tugas siswa.

Alhasil, alat itu berpotensi menimbulkan kesalahan dalam menafsirkan tugas atau keliru memberikan rancangan pembelajaran, dihimpun KompasTekno dari Ars Technica, Jumat (8/3/2024).

Baca juga: Puji Headset AR Apple Vision Pro, Bos ChatGPT: Tercanggih sejak iPhone

Namun sejumlah guru yang sudah mencoba Writable memang mengakui bahwa alat semacam ini bisa menghemat waktu. Jadi mereka bisa memanfaatkan separuh waktunya untuk kegiatan lain, misalnya lebih fokus pada kegiatan pembelajaran yang lebih kreatif dan sebagainya.

Adapun Writable bukan satu-satunya alat berbasis AI yang bisa membantu pendidik menilai tugas siswa. Layanan lain yang menawarkan kemampuan serupa antara lain Crowdmark, Gradescope, dan EssayGrader.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com