Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Durasi Video di Status WA Akan Naik Dua Kali Lipat

Kompas.com - 25/03/2024, 09:03 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) diketahui akan memperpanjang durasi video yang bisa diposting di status WA. Pengguna nantinya akan bisa mengunggah video status WA hingga 1 menit atau 60 detik.

Selama ini, durasi maksimal video yang bisa diunggah adalah 30 detik. Penambahan durasi video di status WhatsApp ini pertama kali diketahui oleh situs yang kerap membocorkan fitur baru WhatsApp, WAbetainfo.

WABetaInfo menemukan sebuah keterangan yang biasanya muncul dalam preview video sebelum pengguna mengeklik tombol unggah/posting di WA status.

WABetaInfo juga membagikan screenshot keterangan teks yang menunjukkan pengembangan dukungan itu, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Baca juga: Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Update? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

WhatsApp tingkatkan durasi video WA statusWABetaInfo WhatsApp tingkatkan durasi video WA status

Berdasarkan tangkapan gambar di atas, terlihat jelas bahwa durasi video di WA status bisa sampai 1 menit.

Selebihnya, menu yang tersedia masih sama seperti saat ini. Termasuk opsi yang memungkinkan pengguna menambahkan stiker, teks, tulisan, caption hingga opsi audiens yang bisa melihat status nantinya.

Dengan perpanjangan durasi itu, pengguna bisa lebih leluasa membagikan aneka video tertentu atau sekadar cuplikan aktivitas sehari-hari. Dukungan itu juga memungkinkan pengguna menyampaikan pesan dengan lebih detail dalam bentuk video.

Sayangnya dukungan durasi WA status jadi 1 menit itu baru tersedia untuk sejumlah pengguna beta Android versi 2.24.7.6 lewat pembaruan di Google Play Store.

Dukungan itu diklaim bakal diperluas ketersediannya ke lebih banyak pengguna dalam beberapa pekan lagi, dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Sabtu (23/3/2024).

Siapkan fitur transkrip pesan suara di Android

Selain memperpanjang durasi video di WA Status, WhatsApp juga sedang menyiapkan fitur transkrip pesan suara untuk pengguna Android. Fitur ini sebenarnya sudah tersedia di WA versi iOS sejak Mei 2023, tetapi bakal diperluas ke pengguna Android.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Transkrip Pesan Suara di Ponsel Android

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengubah pesan suara menjadi teks. Pengguna bisa mengetahui isi pesan suara tanpa perlu memutarnya terlebih dahulu.

Dengan begitu, pengguna yang sedang sibuk atau dalam kondisi bising yang tidak bisa mendengar pesan suara akan lebih dipermudah.

Adapun kehadiran fitur transkrip pesan suara ini diumbar oleh blog yang mengulas informasi seputar sistem operasi (OS) Android, TheSpAndroid.

TheSpAndroid menemukan baris kode di WhatsApp Beta versi 2.24.7.7, yang mengindikasikan bahwa fitur transkrip suara bakal hadir di Android. Menurut kode tersebut, pengguna nantinya diwajibkan untuk mengunduh data sebesar 150 MB guna mengaktifkan fitur itu.

Selain itu, baris kode tersebut juga menyinggung "Read before you listen with transcripts" (Baca sebelum Anda mendengar dengan transkrip) dan "WhatsApp uses your device's speech recognition to provide end-to-end encrypted transcripts" (WhatsApp menggunakan teknologi pengenalan ucapan perangkat Anda untuk menyediakan transkrip terenkripsi ujung ke ujung).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com