Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Ulang Tahun Gmail, Dulu Dikira "April Mop" Sekarang Berusia 20 Tahun

Kompas.com - 03/04/2024, 07:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan e-mail populer besutan Google, Gmail merayakan hari ulang tahun yang ke-20 tahun pada Senin (1/4/2024). Gmail pertama kali diluncurkan pada 1 April 2004.

Selama dua dekade hadir, Gmail berhasil merevolusi layanan e-mail dengan fitur-fiturnya yang mempermudah pengguna. Kemudian Gmail tampil menjadi platform e-mail yang paling banyak digunakan pengguna di seluruh dunia.

Saat ini, Gmail dilaporkan memiliki lebih dari 1,8 miliar pengguna aktif secara global dengan estimasi 121 miliar email terkirim setiap harinya via Gmail.

Jumlah pengguna Gmail jauh di atas pengguna aktif layanan email lain seperti Microsoft Outlook (400 juta pengguna) dan Yahoo Mail (225 juta pengguna).

Namun, ada cerita unik di awal kelahiran Gmail. Ketika pertama kali diumumkan, Gmail dikira sebagai sebuah hoaks atau tipuan semata.

Pasalnya, Gmail hadir dengan segudang fitur yang tidak lazim di zamannya. Misalnya, Gmail hadir sebagai layanan e-mail gratis yang menawarkan penyimpanan 1 GB. Ini merupakan jumlah storage yang sangat besar di era layanan e-mail gratis dengan storage 15 MB.

Baca juga: Ramai soal Gmail Bakal Ditutup Tahun Ini, Ini Faktanya

Hal lain yang membuat Gmail dikira sebagai hoaks adalah karena layanan e-mail milik Google ini diumumkan pada 1 April 2004, bertepatan dengan perayaan April Mop alias April Fool's Day.

Hari April Mop dijadikan momen membuat lelucon atau kebohongan untuk menjahili orang lain dengan bebas tanpa rasa bersalah.

Namun, Gmail ternyata benar-benar hadir, bukan materi April Mop semata. Google pun kemudian membuat pengumuman resmi terkait peluncuran Gmail di laman Google Press dengan tajuk "Google Gets the Message, Launches Gmail". Pada 1 April 2004, Gmail resmi dirilis dalam versi beta/pratinjau.

Tampilan situs Gmail saat pertama kali dirilis pada 1 April 2004. Tampilan ini dirancang oleh Kevin Fox.Kevin Fox Tampilan situs Gmail saat pertama kali dirilis pada 1 April 2004. Tampilan ini dirancang oleh Kevin Fox.
Gmail diciptakan oleh Paul Buchheit. Google memiliki kebijakan yang mengharuskan karyawan menghabiskan satu hari dalam seminggu (20 persen jam kerja) untuk mengembangkan proyek pribadi yang diminati, yang tidak terkait dengan pekerjaan harian mereka.

Nah, Buchheit mengembangkan Gmail sebagai proyek pribadinya dengan memanfaatkan kebijakan tersebut.

Buchheit memulai pekerjaannya pada bulan Agustus 2001. Gmail merupakan kelanjutan dari upaya gagal yang terjadi beberapa tahun sebelum dia bergabung dengan Google pada tahun 1999, dan menjadi karyawan ke-23 Google.

Buchheit mengungkapkan bahwa duo pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin mendukung proyek e-mail yang digarapnya tersebut.

Tim Gmail berkembang seiring berjalannya waktu. Namun, tidak secara pesat. Bahkan ketika layanan ini diluncurkan pada tahun 2004, hanya sekitar selusin engineer Google yang mengerjakannya, termasuk Sanjeev Singh dan Kevin Fox (orang yang membuat interface Gmail).

Inspirasi Gmail datang dari keluhan pengguna Google tentang buruknya kualitas layanan e-mail yang ada.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com