Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Penyebab Foto WhatsApp Tidak Bisa Tersimpan di Galeri HP dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 25/03/2024, 17:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa penyebab dari masalah yang umum terjadi saat mengoperasikan aplikasi pesan instan WhatsApp (WA). Salah satunya seperti penyebab foto di WA tidak bisa masuk ke galeri HP (handphone).

Setiap file media, termasuk foto, yang terkirim di WhatsApp pada dasarnya bisa disimpan pengguna ke galeri HP. Dalam kondisi normal, pengguna yang menerima kiriman foto di WA bisa langsung menyimpannya ke galeri HP.

Baca juga: Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyimpanan ke galeri HP dari WhatsApp bisa berjalan otomatis atau manual. Jika otomatis, foto yang diterima bakal langsung tersimpan di galeri HP. Sementara itu, jika manual, pengguna dapat mengunduh foto itu dulu dan memilih opsi menyimpan ke galeri.

Akan tetapi, pengguna mungkin bakal menjumpai kondisi atau masalah foto WhatsApp tidak bisa tersimpan di galeri. Masalah foto di WhatsApp tidak bisa tersimpan di galeri HP mungkin bakal merepotkan pengguna.

Pasalnya, pengguna jadi tidak dapat menyimpan foto-foto tertentu yang cukup penting dari aplikasi WhatsApp ke galeri HP. Oleh karena itu, pengguna penting untuk mengetahui penyebab kenapa foto di WhatsApp tidak bisa tersimpan di galeri HP.

Lantas, kenapa foto di WhatsApp tidak bisa tersimpan di galeri HP? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai penyebab foto di WA tidak bisa masuk ke galeri HP.

Penyebab foto di WA tidak bisa masuk ke galeri HP

Terdapat beberapa penyebab kenapa foto di WhatsApp tidak bisa tersimpan di galeri HP. Penyebab itu bisa ditimbulkan dari beberapa faktor, seperti koneksi internet, pengaturan fitur di WhatsApp, dan kondisi memori penyimpanan HP.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal beberapa penyebab foto di WA tidak masuk ke galeri HP adalah sebagai berikut.

1. Koneksi internet yang kurang memadai

Semua akses layanan WhatsApp membutuhkan koneksi internet yang memadai, termasuk saat hendak menyimpan foto ke galeri HP. Dengan begitu, koneksi internet yang kurang memadai dapat menyebabkan foto WhatsApp tidak bisa tersimpan di galeri HP.

2. Kesalahan pengaturan tanggal dan waktu HP

Server WhatsApp tidak bisa diakses apabila terdapat kesalahan pengaturan tanggal dan waktu HP. Alhasil, salah mengatur tanggal dan waktu, foto yang terdapat di ruang obrolan WhatsApp tidak bisa diunduh dan disimpan ke galeri HP.

3. Fitur Auto Save mati

Fitur Auto Save memungkinkan agar foto di WhatsApp dapat terunduh secara otomatis. Seandainya fitur ini mati, foto tidak akan terunduh secara otomatis dan akhirnya tidak tersimpan di galeri HP.

4. Fitur penyimpanan ke galeri HP nonaktif

Foto yang terunduh di WhatsApp pada dasarnya tidak langsung tersimpan di galeri HP. Bila fitur penyimpanan ke galeri HP dimatikan maka foto tersebut hanya terunduh dan tersimpan di aplikasi WhatsApp.

5. Memori penyimpanan HP telah penuh

Penyebab foto WhatsApp tidak bisa tersimpan di galeri HP yang berikutnya adalah memori internal HP telah penuh. Saat memori penuh, sistem HP bakal secara otomatis menolak permintaan penyimpanan foto dari WhatsApp.

6. Terdapat bug

Selain penyebab di atas, tak menutup kemungkinan pula masalah foto WhatsApp tidak bisa tersimpan di galeri HP ditimbulkan lantaran terdapat bug atau gangguan pada sistem aplikasi atau sistem perangkat lunak HP.

Itulah beberapa penyebab kenapa foto di WhatsApp tidak bisa tersimpan di galeri HP. Penyebab-penyebab di atas penting untuk diketahui supaya pengguna dapat menentukan solusinya jika masalah ini terjadi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com