Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Login WhatsApp dengan Nomor yang Hilang atau Tidak Aktif, Mudah

Kompas.com - 25/03/2024, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui panduan dasar dalam mengatasi beberapa masalah saat mengoperasikan aplikasi WhatsApp. Adapun salah satu panduan dasar itu adalah cara login WhatsApp dengan nomor yang hilang atau tidak aktif.

Sebagaimana cukup umum diketahui, pengguna membutuhkan nomor telepon untuk bisa login akun WhatsApp. Nomor telepon tersebut harus aktif dan terpasang di HP supaya bisa menerima kode verifikasi untuk login akun WhatsApp.

Baca juga: Ramai Tampilan WhatsApp Android Berubah, Ini Bedanya dengan Versi Lama

Tanpa kode verifikasi yang dikirim ke nomor telepon itu, pengguna tak bisa login akun WhatsApp. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu, pengguna mungkin bisa mengalami kehilangan HP, sehingga nomor telepon untuk login akun WhatsApp ikut hilang.

Selain itu, nomor telepon yang hendak dipakai buat login akun WhatsApp bisa saja masa aktifnya telah habis, sehingga mati atau hangus. Jika kondisinya demikian, lalu apakah bisa login WhatsApp tapi nomor sudah tidak aktif atau hilang?

Sayangnya, seperti yang dijelaskan di atas, nomor telepon pengguna harus aktif dan terpasang di HP agar bisa mendapatkan kode verifikasi untuk login akun WhatsApp. Lantas, bagaimana cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp jika nomor hilang atau tidak aktif?

Seandainya nomor telepon hilang atau tidak aktif, pengguna tak perlu bingung. Ada cara login WhatsApp dengan nomor yang hilang atau tidak aktif, yang bisa dilakukan. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cara login WhatsApp dengan nomor yang sudah hilang atau tidak aktif

Cara login WhatsApp dengan nomor yang sudah hilang atau tidak aktif itu cukup mudah. Langkah awalnya pengguna perlu mengaktifkan kembali nomor yang mati atau membuat kartu SIM baru dengan nomor yang sama.

Adapun penjelasan lebih detail soal cara login WhatsApp dengan nomor yang sudah hilang atau tidak aktif adalah sebagai berikut.

1. Mengaktifkan kembali nomor yang mati

Pertama, jika kondisi yang dialami adalah nomor telepon tidak aktif, pengguna bisa mengaktifkannya kembali terlebih dahulu, sehingga nantinya dapat dipakai untuk login akun WhatsApp.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah dan Praktis

Untuk diketahui, nomor telepon yang dalam kurun waktu tertentu tidak dipakai untuk melakukan beberapa transaksi layanan dari operator seluler seperti membeli pulsa atau membeli paket internet, bakal memasuki masa tenggang.

Saat masa tenggang, pengguna bisa mengaktifkan nomor telepon kembali dengan melakukan transaksi layanan dari operator seluler. Ketika melebihi masa tenggang, nomor telepon tersebut bakal mati atau hangus.

Jika nomor telepon mati, pengguna bisa mengunjungi operator seluler untuk mengajukan permohonan aktivasi ulang. Tiap operator biasanya punya syarat yang berbeda-beda untuk mengaktivasi kembali nomor telepon yang telah mati.

Setelah nomor aktif kembali, pengguna bisa memakainya untuk mendapatkan kode verifikasi guna login akun WhatsApp.

2. Membuat kartu SIM baru dengan nomor yang sama

Kedua, cara login WhatsApp dengan nomor yang hilang adalah membuat kartu SIM baru dengan nomor telepon yang sama. Pengguna bisa mengunjungi operator seluler dari nomor telepon yang hilang itu untuk mengajukan pembuatan kartu SIM baru.

Tiap operator seluler biasanya punya syarat yang berbeda-beda untuk membuat kartu SIM baru. Setelah mendapatkan kartu SIM baru, pengguna bisa memakainya untuk login akun WhatsApp kembali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com