Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Siapkan Iklan "Anti-skip"?

Kompas.com - 06/06/2024, 07:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna Instagram (IG) bakal makin susah untuk melewati (skip) iklan yang lewat di platform berbagi foto dan video tersebut. Pasalnya, Instagram (IG) tengah menguji coba fitur iklan yang tidak bisa dilewati di linimasa (feed) pengguna.

Fitur baru Instagram ini pertama kali ditemukan oleh seorang tipster bernama Dan Levy. Ia mengumbar bocoran tersebut di media sosial X (dahulu Twitter), .

Dalam postingnya di X, Levy menceritakan mekanisme iklan Instagram ini. Ketika sedang menggulir (scroll) feed Instagram, Levy mendapatkan posting iklan yang disertai dengan penghitung waktu mundur bertuliskan "Ad break" (Jeda iklan).

Baca juga: Cara Melihat Akun Instagram Kita Login di Mana Saja dengan Mudah dan Cepat

Levy tidak bisa melewati iklan tersebut, dan harus menunggu hingga penghitung waktu mundur selesai agar bisa kembali menggulir feed IG.

"Meta (induk Facebook, Whatsapp, Instagram) sepertinya kini memaksa pengguna untuk menonton iklan di feed IG. Aplikasi Instagram menghentikan saya untuk melewati iklan ini. Ini merupakan hal yang gila bagi saya," tulis Levy dalam postingnya.

Levy kemudian mencoba mengetuk menu "Ad break" tersebut. Ketika diketuk, menu tersebut menunjukkan jendela berisi teks yang berbunyi:

"Anda sedang melihat jeda iklan. Jeda iklan adalah cara baru untuk melihat iklan di Instagram. Terkadang Anda harus melihat sebuah iklan sebelum bisa melanjutkan penelusuran Instagram."

Selain Levy, sejumlah pengguna di forum online Reddit juga kedapatan fitur iklan ini. Beberapa dari mereka menyampaikan rasa frustrasinya.

Seorang pengguna Reddit dengan handle @sus_pineapple_appt mengungkapkan keluhannya soal iklan Instagram "anti-skip" tersebut. Dia cukup kesal lantaran tidak bisa menggulir linimasa dengan nyaman, sebagaimana biasanya.

"Jadi, terima kasih, dan selamat tinggal Instagram. Saya tidak membutuhkan (iklan) itu," tulis pengguna Reddit dengan handle @sus_pineapple_appt.

Baca juga: Instagram Rilis Fitur Anti-bullying, Bisa Batasi Interaksi Hanya dari Teman Dekat

Meta membenarkan

Meta mengonfirmasi bahwa fitur iklan tidak bisa di-skip ini sedang diuji coba di Instagram. Konfirmasi ini disampaikan oleh juru bicara Meta kepada situs berita teknologi TechCrunch.

"Kami selalu menguji format yang dapat memberikan nilai bagi pengiklan," kata juru bicara Meta.

"Saat kami menguji dan mempelajari (format iklan), kami akan memberikan pembaruan jika pengujian ini menghasilkan produk secara formal," imbuhnya sebagaimana dikutip KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (6/6/2024).

Meta enggan menjelaskan wilayah mana saja yang kebagian uji coba fitur iklan terbaru ini, dan apakah iklan ini bakal diterapkan untuk Instagram Stories dan Reels. Sebagai informasi, KompasTekno tidak menemukan iklan semacam itu di Instagram kami.

Jika fitur ini benar-benar digelontorkan untuk semua pengguna, Instagram bakal menjadi mirip seperti platform berbagi video YouTube.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Iklan di HP Tanpa Aplikasi Tambahan, Mudah dan Praktis

Pengguna YouTube versi gratis diwajibkan menonton iklan yang tidak bisa di-skip sebelum melihat sebuah video, atau di tengah video itu sendiri.

Perbedaannya, iklan di YouTube bisa dihindari dengan berlangganan layanan YouTube Premium.

Sementara itu, pengguna Instagram di luar Eropa tidak bisa menghapus iklan-iklan yang berseliweran di linimasanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com