Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Pengirimnya, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 21/05/2024, 16:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa trik di WhatsApp atau biasa disingkat WA, yang kiranya cukup berguna dan perlu diketahui pengguna. Salah satu trik itu seperti cara membaca pesan WhatsApp tanpa ketahuan pengirimnya.

Sebagaimana cukup umum diketahui, WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mengetahui pesannya telah dibaca oleh pengguna lain dan sebaliknya. Fitur ini hadir dalam bentuk tanda centang biru yang terdapat pada chat WhatsApp.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Tidak Bisa Scan Kode QR WhatsApp Web, Mudah dan Praktis

Tanda centang biru itu mengindikasikan bahwa chat yang dikirim telah dibaca penerima. Dengan tanda centang biru, pengirim bisa mengetahui jika pesan yang dikirimnya telah dibaca oleh pengguna.

Fitur ini berguna buat memastikan apakah pesan telah dibaca atau belum. Namun, di sisi lain, fitur tanda centang biru bisa jadi malah mengganggu privasi pengguna. Pasalnya, pengguna bisa jadi merasa seperti diawasi.

Kemudian, pengguna akhirnya tidak hanya bisa sekadar membaca chat, tanpa perlu membalasnya. Untuk meningkatkan privasi, pengguna sejatinya bisa membaca chat WhatsApp tanpa ketahuan pengirimnya.

Cara membaca pesan WhatsApp tanpa centang biru bakal berguna untuk meningkatkan privasi pengguna. Lantas, bagaimana cara agar WA sudah dibaca tapi tidak centang biru? Jika tertarik mengetahuinya, berikut adalah cara membaca chat WA tanpa diketahui.

Cara membaca chat WA tanpa diketahui

Cara membaca pesan WhatsApp tanpa ketahuan pengirimnya itu sejatinya cukup mudah. Ada beberapa pilihan cara membaca pesan WhatsApp tanpa ketahuan yang bisa dilakukan pengguna. Misalnya, pengguna bisa membaca pesan itu melalui notifikasi.

Kemudian, pengguna juga bisa membaca pesan WhatsApp menggunakan fitur Haptic Touch jika memakai iPhone. Selanjutnya, pengguna juga bisa mematikan fitur tanda centang biru di WhatsApp itu sendiri yang jadi penyebab aktivitas pengguna diketahui.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal masing-masing cara membaca pesan WhatsApp tanpa centang biru adalah sebagai berikut.

Baca juga: 2 Cara Membuat Tulisan Tebal atau Bold di WhatsApp dengan Mudah dan Cepat

1. Melalui notifikasi

Cara membaca pesan WhatsApp tanpa ketahuan yang pertama adalah melalui layar notifikasi. Pengguna bisa mengaktifkan notifikasi pada aplikasi WhatsApp di HP. Setelah aktif, pesan masuk di Instagram akan muncul di layar notifikasi.

Pengguna bisa melihat pesan tersebut melalui layar notifikasi tanpa membuka aplikasi WhatsApp. Alhasil, pengguna tak akan meninggalkan jejak saat telah membaca pesan WhatsApp tersebut.

2. Menggunakan fitur Haptic Touch di iPhone

Cara baca chat WA diam-diam tanpa diketahui pengirimnya yang kedua adalah menggunakan fitur Haptic Touch jika memakai iPhone. Fitur ini memungkinkan pengguna menampilkan jendela mini dari bagian yang dipilih dan ditekan.

Untuk membaca chat WA tanpa ketahuan dengan fitur ini, pengguna tinggal membuat ruang obrolan di aplikasi WhatsApp. Setelah itu, cari pesan yang hendak dibaca diam-diam. Kemudian, tekan beberapa saat chat tersebut hingga muncul jendela mini.

Lewat jendela mini itu, pengguna bisa melihat isi chat yang dikirim oleh pengguna lain. Dengan cara ini, pengguna tak perlu sampai membuka secara penuh halaman chat yang akhirnya meninggalkan jejak aktivitas membaca.

3. Mematikan fitur tanda centang biru

Cara membaca chat WA tanpa diketahui yang ketiga adalah dengan mematikan fitur tanda centang biru. Saat fitur ini dimatikan, pengguna bisa membaca pesan secara bebas tanpa meninggalkan jejak tanda centang biru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com