Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Pertama Menggenggam HP Poco F6, Segera Rilis di Indonesia?

Kompas.com - 19/06/2024, 16:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sub-merek produsen ponsel Xiaomi, Poco memperkenalkan smartphone terbarunya, Poco F6, di Indonesia.

Poco belum memberikan kisi-kisi terkait peluncuran smartphone ini di Tanah Air. Yang jelas, smartphone ini diketahui sudah lolos sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Sertifikasi ini adalah syarat sebelum barang elektronik dipasarkan di dalam negeri. Oleh karena itu, secara teori, seharusnya Poco F6 bakal hadir di Tanah Air.

Kendati belum resmi meluncur, KompasTekno berkesempatan untuk melakukan unboxing dan hands-on Poco F6. Kami mendapatkan varian warna putih (Titanium). Sebagai perbandingan, Poco F6 versi global ditawarkan dalam opsi warna Titanium, hitam (Black), dan hijau (Green).

Baca juga: Poco M6 4G Meluncur, HP Android Rp 2 Jutaan dengan Punggung Kaca

Isi kotak Poco F6

Poco F6 dikemas dalam kotak kecil ringan yang dibalut warna kuning dan hitam khas Poco. Desain kotak ini identik dengan boks penjualan ponsel Poco F5, Poco X6 Pro 5G, dan lain-lain, tetapi nama yang tertera di boks tentunya disesuaikan dengan model ponsel.

Bagian depan boks ini dilengkapi teks "Poco F6" dan logo Poco. Sementara itu, bagian punggung boks dibekali informasi terkait isi boks penjualan, garansi, spesifikasi, serta data identifikasi International Mobile Equipment Identity (IMEI).

Di sisi kiri dan kanan boks, terdapat tulisan "Poco F6". Perbedaannya, bagian kiri turut dilengkapi teks "Garansi Resmi Poco" dan "Kami Buatan Indonesia".

Begitu membuka boks, kami langsung menemukan pembatas (bookmark) buku bertuliskan "#Poconya Beraksi". Bagian belakang pembatas buku ini diisi pernyataan terima kasih Poco, dan sejumlah akun media sosial Poco yang dapat dihubungi.

Kotak penjualan Poco F6 mencakup satu unit ponsel Poco F6, casing ponsel, SIM card ejector, buku panduan penggunaan, kartu garansi, pembatas buku, stiker, kabel USB-C, serta adapter 90 Watt.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Kotak penjualan Poco F6 mencakup satu unit ponsel Poco F6, casing ponsel, SIM card ejector, buku panduan penggunaan, kartu garansi, pembatas buku, stiker, kabel USB-C, serta adapter 90 Watt.
Di bawah bookmark ini, terdapat sebuah kotak kecil berwarna kuning. Kotak ini berisi kartu garansi, buku panduan penggunaan smartphone, berbagai stiker bertema Poco, casing pelindung ponsel berwarna hitam, serta ejector kartu SIM.

Setelah mengeluarkan kotak kecil tersebut, kami menemukan satu unit smartphone Poco F6 yang dibungkus dalam sebuah plastik. Plastik ini mencantumkan sejumlah spesifikasi unggulan gawai teranyar Poco ini.

Selain itu, terdapat tulisan bahwa pemakaian kaca pelindung (tempered glass) pihak ketiga (third-party), dapat memengaruhi kemampuan pengguna untuk membuka kunci layar dengan pemindai sidik jari (fingerprint).

Terakhir, kotak penjualan Poco F6 juga dilengkapi kabel charger USB-C dan adapter 90 Watt. Artinya, pengguna tidak perlu lagi membeli adapter secara terpisah.

Melihat isi kotak ini, dapat disimpulkan bahwa paket penjualan Poco F6 mirip seperti Poco X6 Pro 5G. Bedanya, Poco X6 Pro 5G menghadirkan adapter 67 Watt.

Baca juga: Poco F6 dan F6 Pro Meluncur dengan Snapdragon 8s Gen 3, Harga mulai Rp 6 Jutaan

Kesan pertama menggenggam Poco F6

Adapun Poco F6 memiliki dimensi 160,5 x 74,5 x 8 mm dengan bobot 179 gram, sehingga lebih ringan dibanding Poco F5 dengan bobot 181 gram.

Dengan dimensi dan bobot seperti ini, kami merasa Poco F6 cukup ringan untuk dipegang dan dibawa. Ukuran yang ringkas ini juga membuat smartphone ini dapat ditaruh di saku celana tanpa banyak masalah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com