Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi Ini Bikin Wi-Fi Tiga Kali Lebih Kencang

Kompas.com - 29/08/2016, 07:55 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Kendala bandwidth Wi-Fi yang berasal dari keterbatasan spektrum tak perlu lagi dipikirkan. Tim peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah menemukan teknologi peningkatan jaringan yang bisa memicu kecepatan Wi-Fi hingga tiga kali lipat.

Bertajuk "MegaMIMO 2.0", sistem itu memungkinkan beberapa pemancar internet berkomunikasi pada spektrum yang sama ke beberapa penerima independen tanpa mengganggu satu sama lain.

Teknologi MIMO (multiple in multiple out) sendiri saat ini sudah dikenal dan dipakai oleh beberapa pemancar sinyal atau router. MIMO menggunakan antena yang banyak untuk menggandakan kapasitas frekuensi radio.

Sementara teknologi MegaMIMO 2.0 yang diklaim lebih efisien ini bisa dimanfaatkan para operator jaringan, sebagaimana dilaporkan BusinessInsider dan dihimpun KompasTekno, Senin (29/8/2016).

Pasalnya, tuntutan masyarakat modern terhadap mobile data berkecepatan tinggi semakin meningkat. Pada akhirnya, para penyedia jaringan harus mencari cara mengakomodir kebutuhan yang banyak dengan cara efisien.

Di Amerika Utara saja, tuntutan pemakaian data dari 2015 hingga 2020 diperkirakan mencapai 42 persen. Dalam angka, persentase itu menunjukkan kebutuhan dari 557.000-an terabyte data per bulan menjadi lebih dari tiga juta terabyte per bulan.

Banyaknya kebutuhan akan memperkecil kinerja spektrum dan melambatkan koneksi. MegaMIMO 2.0 diproyeksikan sebagai solusi.

Sistem ini masih dalam tahap uji coba. Belum jelas kapan tim MIT akan mengomersilkan MegaMIMO 2.0 untuk bisnis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com