Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Essential, Smartphone Buatan Bapak Android Resmi Meluncur

Kompas.com - 31/05/2017, 09:00 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Smartphone mutakhir buatan “Bapak Android” Andy Rubin akhirnya benar-benar dirilis ke pasar. Rubin menamai smartphone-nya itu sebagai Essential, dan membekalinya dengan desain premium.

Salah satunya adalah layar yang membentang dari sudut ke sudut dengan bezel sangat tipis. Layar tersebut menggunakan panel 5,71 inci (2.560 x 1.312 piksel) dan rasio aspek 19:10.

Essential juga dibekali bodi yang terbuat dari titanium, perlindungan Gorilla Glass 5 di bagian depan, serta cover belakang berbahan keramik.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Next Web, Rabu (31/5/2017), hal paling menonjol dari desain Essential adalah peletakkan kamera depannya yang tepat di bagian tengah atas layar.

Kamera berketajaman 8 megapiksel itu berdampingan dengan bagian layar yang menampilkan informasi baterai, sinyal, dan waktu.

Rubin juga menyematkan spesifikasi kelas atas pada smartphone Essential ini. Otak pemrosesannya berupa chipset Qualcomm Snapdragon 835, RAM 4 GB, dan memori penyimpanan 128 GB.

Kemudian ada kamera ganda 13 megapiksel yang bertengger di casing belakangnya.  Semuanya berjalan menggunakan sistem operasi Android dan pasokan daya baterai 3.040 mAh.

Sebagai pelengkap, Essential bakal memiliki aksesori tambahan berupa kamera 360 derajat dan fitur wireless charging.

Sekarang Essential sudah bisa dipesan di Amerika Serikat dengan harga banderol 699 dollar AS atau setara Rp 9,3 juta. Essential memiliki dua pilihan warna, yakni Black Moon dan Pure White yang tersedia untuk sementara waktu ini.

Baca: Bapak Android Pamer Smartphone Misterius Mirip Mi Mix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com