Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2020, 07:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com - Sering terganggu suara bising kipas PlayStation 4 yang berputar kencang? Konsol berikutnya, PlayStation 5 (PS5), ternyata tidak akan menimbulkan bunyi serupa saat menjalankan game.

Hal tersebut diungkap melalui sebuah sesi hands-on awal untuk PS5 yang melibatkan sejumlah jurnalis dan YouTuber asal Jepang.

Salah satu YouTuber gaming, 4Gamer menjajal konsol ini dengan memainkan game GodFall sebala beberapa jam. Meski ditaruh di ruangan bersuhu hangat, dia melaporkan permukaan PS5 tidak terasa panas ketika disentuh.

Baca juga: Sony Pastikan PS5 Bakal Masuk Indonesia

Selain itu, 4Gamer turut mengatakan bahwa PS5 tetap sunyi sepanjang permainan, berbeda dari PS4 yang sering disebut bisa mengeluarkan suara serupa "mesin jet" ketika menjalankan judul-judul game berat seperti God of War atau The Last of Us Part 2.

"Saya perhatikan bahwa suara yang dihasilkan konsol sangat tenang. Saya cenderung mengabaikannya karena terlalu fokus bermain game, namun tidak ada bunyi bising ketika saya mendekati konsol," tutur 4Gamer.

"Suara kipas PS4 cenderung lebih berisik setelah pemakaian intens, sementara PS5 tidak demikian" lanjutnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Ubergizmo, Rabu (8/10/2020).

Baca juga: Resmi, Ini Harga dan Jadwal Kehadiran PlayStation 5

Dia mengatakan sistem pendingin PS5 menyedot udara (intake) dari arah depan dan atas -atau samping, kalau konsol dibaringkan- lalu mengeluarkan udara panas (exhaust) dari sisi belakang.

Dari pengalaman mereka menjajal PS5, diketahui pula bahwa controller Dual Sense PS5 memiliki tombol mute di bawah logo PlayStation untuk mematikan mikrofon terintegrasi. Di bagian belakangnya terdapat lubang kecil "reset port" yang fungsinya belum diketahui.

Sayang, para hadirin sesi hands-on tidak dibolehkan melihat tampilan antarmuka baru PS5. Namun, PlayStation VP of UX Design Matt MacLaurin pernah mengatakan bahwa UI konsol ini akan terlihat sangat berbeda dari PS4, dengan tambahan sejumlah "elemen baru".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Ubergizmo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com