Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Fungsi Touchpad di Laptop Windows, Bukan Cuma untuk Klik dan Zoom

Kompas.com - 28/01/2021, 20:32 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Laptop boleh jadi menjadi salah satu perangkat utama yang digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan, termasuk bekerja, membuat laporan, bermain game, hingga menyunting video.

Setiap mengoperasikan laptop, pengguna biasanya langsung menggunakan touchpad untuk bernavigasi dengan menggerakkan kursor di layar, klik, dan zoom.

Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa fungsi touchpad di laptop Windows 10 sebenarnya lebih dari itu. Pengguna bisa melakukan aneka hal lain seperti memunculkan desktop atau berpindah antar aplikasi, dengan catatan laptop memiliki touchpad presisi.

Baca juga: Cara Mematikan Laptop Windows 10 Tanpa Touchpad dan Mouse

Untuk mengetahuinya, buka menu Settings > Device > Touchpad. Jika laptop sudah dibekali dengan touchpad presisi, di bawah subjudul "touchpad", pengguna akan melihat keterangan "Your PC has a precision touchpad".

Pastikan juga bahwa tombol toggle di menu "Touchpad" ini dalam keadaan diaktifkan. Jika belum pernah diutak-atik alias masih dalam keadan default, pengguna laptop Windows bisa langsung memanfaatkan touchpad untuk 10 fungsi navigasi ini:

  • Klik item: ketuk sekali pada bidang touchpad. Pengguna juga bisa memindahkan suatu item dengan cara mengetuk, menahan, lalu menyeret item tersebut.

  • Zoom in: letakkan dua jari dalam keadaan rapat di atas touchpad, lalu rentangkan (pinch out).

  • Zoom out: letakkan dua jari di atas touchpad dalam keadaan terbentang, kemudian satukan. Gestur ini mirip gerakan mencubit (pinch in).

  • Scroll: pengguna bisa menggulir (scroll) layar ke atas dan ke bawah dengan meletakkan dua jari di atas touchpad, kemudian geser ke atas atau bawah.

  • Klik kanan: ketuk touchpad sebanyak dua kali. Atau dengan mengetuk dengan satu jari di bagian kanan bawah touchpad.

  • Melihat seluruh jendela aplikasi yang terbuka: letakkan tiga jari di atas touchpad, lalu geser ke atas. Pengguna bisa melihat seluruh jendela aplikasi yang sedang terbuka serta melihat histori jendela yang pernah dibuka selama beberapa hari ke belakang.

  • Memunculkan dekstop: Letakkan tiga jari pada touchpad, lalu geser ke arah bawah.

  • Pindah antar jendela aplikasi yang sedang dibuka: Letakkan tiga jari pada touchpad, lalu geser ke arah kanan atau kiri.

  • Membuka Cortana/Windows Search: ketuk touchpad menggunakan tiga jari.

  • Membuka Action Center: ketuk touchpad menggunakan empat jari. Di sini, pengguna bisa melihat notifikasi yang masuk, serta mengaktifkan berbagai fitur yang tersedia di laman Action Center.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Business Insider, Rabu (27/1/2021), selain setelan default di atas, pengguna laptop Windows juga dapat mengganti masing-masing gesture jari agar menjalankan fungsi lain lain yang diinginkan.

Baca juga: Cara Mengatur Touchpad Laptop Windows agar Berfungsi seperti MacBook

Untuk mengatur navigasi dengan gestur satu dan dua jari, buka menu Settings > Device > Touchpad. Sedangkan untuk tiga atau empat jari, buka menu Settings > Device > Touchpad > Related settings > Advanced gesture configuration.

Di dalam menu "Touchpad", pengguna juga bisa mengembalikan semua pengaturan navigasi dan gesture ke versi default dengan mengklik tombol "Reset" di bagian bawah laman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com