Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Kamera Galaxy S21 Ultra Memalsukan Foto Bulan?

Kompas.com - 05/02/2021, 08:02 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Input Mag

KOMPAS.com - Sebagai varian tertinggi di keluarga Galaxy S21, Samsung membekali Galaxy S21 Ultra dengan keunggulan tersendiri, terutama di sektor kamera.

Salah satu kamera Galaxy S21 Ultra memiliki resolusi 108 megapiksel (MP) dan dibekali dengan dua kamera telefoto 10 MP, yang masing-masing memiliki jangkauan zoom optis 3x dan 10x.

Selain itu, kamera Galaxy S21 Ultra juga dibekali dengan fitur zooming digital hingga 100x atau disebut Samsung sebagai "Space Zoom". Lewat fitur ini, pengguna bisa menghasilkan foto yang detil saat memotret bulan.

Baca juga: Resmi Masuk Indonesia, Ini Jadwal Penjualan Perdana Samsung Galaxy S21 Plus dan Ultra

Sejumlah ulasan Galaxy S21 Ultra memang menampilkan foto bulan yang terlihat mengesankan. Satelit Bumi itu tampak jernih, lengkap dengan detil-detil kawah di permukaannya.

Namun, belakangan timbul kontroversi mengenai kemampuan tersebut. Beredar tudingan bahwa foto bulan Galaxy S21Ultra merupakan hasil "tempelan", yakni gabungan antara tangkapan asli kamera dengan foto bulan yang sebelumnya sudah tersimpan di perangkat.

Penggabungan gambar ini konon dilakukan dengan algoritma kecerdasan buatan (AI) khusus sehingga hasilnya seolah asli. Tudingan itu mirip dengan yang dilontarkan kepada Huawei P30 Pro pada 2019 lalu.

Benarkah Galaxy S21 Ultra memalsukan foto bulan? Input Mag mencoba menemukan jawabannya dengan melakukan sebuah penelusuran dan meminta bantuan sejumlah tokoh terkenal di dunia gadget.

Baca juga: Menjajal Kamera Samsung Galaxy S21 Ultra, Begini Hasil Jepretannya

Sebagian dari mereka berpendapat bahwa foto bulan Galaxy S21 Ultra asli karena ponsel tidak "tertipu" menempelkan gambar di benda-benda yang sengaja dibuat agar mirip bulan. Setelah dibongkar, aplikasi kamera Galaxy S21 Ultra juga tidak memuat gambar bulan.

Namun, ada juga yang beranggapan sebaliknya, bahwa Galaxy S21 Ultra paling tidak sengaja memoles foto bulan agar tampak lebih bagus dari hasil jepretan sebenarnya.

Input Mag akhirnya melakukan percobaan sendiri dengan membandingkan foto bulan yang dijepret Galaxy S21 Ultra dan kamera mirrorless 42 MP Sony A7R Mark III yang dipasangi lensa super telephoto 600 mm.

Hasilnya? Foto bulan Galaxy S21 Ultra dengan 100x zoom ternyata justru tampak lebih tajam dan detil dibandingkan jepretan kamera mirrorless dan lensa yang harganya berkali-kali lipat lebih mahal tersebut. 

hasil perbandingan foto Bulan yang ditangkap lewat kamera Galaxy S21 Ultra dan kamera mirrorless Sony A7R III dengan lensa jarak jauhInput Mag hasil perbandingan foto Bulan yang ditangkap lewat kamera Galaxy S21 Ultra dan kamera mirrorless Sony A7R III dengan lensa jarak jauh
Yang lebih penting, dibandingkan, posisi kawah-kawah di foto bulan Galaxy S21 Ultra ternyata identik dengan foto yang diambil oleh kamera mirrorless. Artinya, kemungkinan gambarnya memang asli.

Samsung ikut ditanyai mengenai tudingan foto bulan palsu tersebut. Seorang juru bicara menanggapi dengan mengatakan bahwa Galaxy S21 Ultra sanggup mendeteksi apabila pengguna hendak memotret bulan.

Baca juga: Mengukur Kinerja Samsung Galaxy S21 Ultra, Seberapa Kencang?

Ponsel kemudian akan menyesuaikan tingkat exposure agar tak terlalu terang, sehingga bisa menangkap detil permukaan bulan.

"Di bawah skenario ini, kamera akan menggunakan algoritma deep AI untuk meningkatkan detil dan merestorasi tekstur. Berdasarkan hal tersebut, tidak ada penggantian foto yang dilakukan," ujar sang juru bicara.

Sebagaimana dihimpun oleh KompasTekno, Kamis (4/2/2021), hasil penelusuran Input Mag selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Input Mag


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com