Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flash Sale Shopee, Pengguna Keluhkan Transaksi Batal dan Akun Diblokir

Kompas.com - 06/05/2021, 14:44 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna e-commerce Shopee di Indonesia mengeluhkan program Flash Sale yang dibuat e-commerce itu pada Rabu (5/5/2021) kemarin.

Keluhan tersebut berupa pembatalan transaksi sepihak dari Shopee, dan akun yang diblokir atau digembok. Keluhan itu mereka sampaikan melalui jejaring sosial Twitter, yang disampaikan hingga hari ini, Kamis (6/5/2021).

Seorang pengguna Shopee dengan akun Twitter @edo__________ mengaku bahwa barang berupa jam tangan yang sudah ia beli tiba-tiba dibatalkan oleh Shopee tanpa alasan yang jelas dan akunnya pun dibatasi.

Baca juga: Pengguna Shopee Mengeluh Akunnya Terblokir, Ada Apa?

Akun Twitter dengan handle @bakpaoenakkk juga mengalami masalah serupa. Satu unit iPhone yang ia beli dalam sesi flash sale juga dibatalkan oleh Shopee tanpa sebab. Akunnya pun juga dibatasi tak lama transaksi pembelian diselesaikan.

Dalam tangkapan layar yang diunggah di akun Twitter-nya, pihak Shopee menuding bahwa kedua pengguna itu telah melanggar kebijakan yang berlaku.

Padahal, keduanya mengaku tidak menggunakan cloning app alias bot, saat mengikuti sesi Flash Sale yang diselenggarakan Shopee kemarin.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, sejumlah pengguna pun ikut memberikan respons di kolom komentar. Bahkan, tak sedikit dari mereka juga mengirim kicauan dengan menyebut akun Twitter resmi @ShopeeCare dan @ShopeeID.

KompasTekno telah menghubungi pihak Shopee Indonesia untuk meminta konfirmasi terkait masalah pembatalan transaksi ini, namun belum mendapat respons hingga berita ini ditayangkan.

Baca juga: Peneliti Komentari Kasus Kurir Shopee Mogok Kerja karena Upah Minim

Flash Sale adalah layanan tambahan di Shopee, dimana pembeli yang terdaftar di Shopee dapat membeli barang dengan harga tertentu (biasanya lebih murah), dari penjual yang berpartisipasi dalam program ini.

Flash Sale Shopee kerap diadakan pada tanggal-tanggal tertentu, biasanya mengikuti tanggal cantik, seperti 1/1, 2/2, termasuk pada 5 Mei (5/5) lalu.

Update: Dalam sebuah pernyataan, Kepala Kebijakan Publik Shopee Indonesia Radityo Triatmojo mengatakan bahwa pengguna yang diblokir setelah mengikuti flash sale terlibat dalam beberapa kasus yang melanggar syarat & ketentuan Shopee, sehingga akunnya dibatasi dan dibekukan untuk sementara waktu.

"Shopee memiliki sistem, tim, dan proses untuk memantau dan menindaklanjuti indikasi atau aktivitas penggunaan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang terjadi di dalam platform kami. Kami akan menindak tegas akun pengguna yang melanggar ketentuan yang berlaku," ujar Radityo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com