Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Playlist YouTube untuk Teman Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - 30/04/2022, 12:02 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Mudik dengan jarak tempuh yang panjang dan waktu perjalanan yang cukup lama, mungkin bisa membuat penat bagi sebagian orang.

Salah satu cara yang mungkin bisa mengusir kepenatan itu adalah dengan menonton atau atau mendengarkan video musik dari artis idola di aplikasi YouTube. Koleksi video musik yang bisa didengarkan di YouTube cukup lengkap.

Baca juga: 5 Aplikasi yang Wajib Diunduh Sebelum Mudik Lebaran 2022 agar Perjalanan Lancar

Agar lancar mendengarkan video musik kesukaan di YouTube saat perjalanan mudik, Anda bisa membuat dulu daftar putar atau playlist. Dengan playlist YouTube tersebut, Anda tak perlu mencari satu per satu musik yang hendak didengarkan.

YouTube bakal memutarkan musik ke telinga Anda secara otomatis, sesuai urutan pada daftar yang telah disusun sebelumnya. Cara membuat playlist YouTube itu cukup mudah, Anda hanya perlu menambahkan beberapa video ke nama playlist yang telah dibuat.

Sudah penasaran dengan bagaimana cara membuat playlist YouTube buat teman mudik Lebaran 2022? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara membuat playlist YouTube

  • Buka aplikasi YouTube di ponsel Anda
  • Cari video musik kesukaan Anda yang hendak ditambahkan ke playlist
  • Ketuk ikon titik tiga berjajar vertikal yang tertera di samping judul video
  • Kemudian, pilih opsi “Simpan ke playlist” dan klik “+Playlist Baru”
  • Masukkan nama playlist yang hendak dibuat, atur publisitas playlist tersebut (bisa dilihat oleh publik, pribadi, atau hanya orang tertentu)
  • Terakhir, tekan opsi “Buat” dan kini Anda telah memiliki playlist YouTube baru yang bakal menemani perjalanan mudik

Ilustrasi cara membuat playlist YouTubeKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuat playlist YouTube

Sementara itu, cara menambahkan video ke playlist youtube yang tadi telah dibuat bisa dilakukan dengan mengulangi langkah di atas. Setelah klik opsi “Simpan ke playlist”, centang nama playlist yang tadi telah dibuat sebagai tempat penambahan video tersebut.

Untuk mulai memutar video dari playlist, silakan klik menu “Koleksi” yang terletak di layar bagian bawah aplikasi. Pada bagian “Playlist”, ketuk nama playlist yang tadi telah dibuat dan pilih opsi “Putar”.

Sedangkan untuk menghapus video dari playlist, silakan buka nama playlist di menu "Koleksi dan cari video yang hendak dihapus. Kemudian, tekan titik tiga berjajar vertikal yang tertera di samping judul video tersebut dan pilih opsi "Hapus dari Nama Playlist".

Perlu diketahui, playlist YouTube ini bisa dibagikan ke pengguna lain, asalkan publisitas telah diatur dengan opsi “Publik” atau “Tidak Publik” (hanya bisa dilihat pengguna yang memiliki tautan), pada saat awal pembuatan daftar putar baru.

Kemudian sebagai catatan, cara di atas dijajal menggunakan aplikasi YouTube yang terdapat di perangkat iPhone dengan sistem operasi iOS 15.4.1. Beda wadah untuk mengakses, mungkin bakal beda juga letak opsi dan tahapannya.

Baca juga: 2 Cara Melihat Jalan Macet saat Mudik Lebaran 2022 via Google Maps dan Waze

Demikian cara membuat playlist YouTube untuk teman mudik Lebaran 2022, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com