Kompas.com - 29/04/2022, 19:29 WIB

KOMPAS.com - Perjalanan mudik Lebaran 2022 telah mulai berlangsung. Rasa bosan di tengah perjalanan mudik bakal mungkin terjadi, apalagi bagi pemudik yang menggunakan transportasi darat dan mengalami kemacetan di jalan.

Mungkin, salah satu cara untuk mengusir rasa bosan di tengah perjalanan mudik adalah dengan bermain ponsel sambil berselancar di internet, seperti bermain media sosial atau streaming video.

Namun, bila terus dipakai mengakses internet maka kuota paket datanya bisa cepat habis. Tak bisa dipungkiri, kejadian kehabisan kuota itu sangat mungkin terjadi, mengingat hampir semua aplikasi di ponsel kini membutuhkan jaringan internet supaya bisa diakses.

Baca juga: 9 Tips Menghemat Baterai HP saat Mudik Lebaran 2022

Kehabisan kuota internet sebelum sampai ke tempat tujuan mudik bakal bisa membuat repot. Saat kuota internet habis, Anda mungkin jadi kesusahan untuk menghubungi keluarga lewat layanan VoIP (Voice over Internet Protocol) seperti WhatsApp.

Selain itu, Anda mungkin juga bakal kesulitan untuk mencari lokasi atau rute perjalanan lewat aplikasi peta seperti Google Maps, yang membutuhkan koneksi internet pula. Lantas, bagaimana cara menghemat kuota internet supaya tak cepat habis?

Untuk lebih lengkapnya, berikut merupakan penjelasan cara menghemat kuota Internet saat perjalanan mudik Lebaran 2022.

1. Nonaktifkan fitur pengunduhan file otomatis

Beberapa aplikasi media sosial biasanya memiliki fitur pengunduhan file otomatis, misalnya seperti di WhatsApp. Dengan mengaktifkan fitur ini, WhatsApp secara otomatis bakal mengunduh semua file, baik itu gambar maupun video, yang terkirim di ruang obrolan.

Pengunduhan file otomatis itu bakal mengonsumsi kuota sehingga bisa membuat boros pemakaian paket data. Padahal, tidak semua file terkirim itu penting untuk diunduh. Sebab itu, matikan pengunduhan file otomatis yang terdapat di aplikasi media sosial.

Misalnya, Anda bisa mematikan pengunduhan file otomatis di WhatsApp dengan cara klik menu “Pengaturan”, lalu klik opsi “Penyimpanan dan Data”.

Selanjutnya, ubah pengunduhan file otomatis ke opsi “Jangan Pernah” atau “WiFi” (untuk mengizinkan pengunduhan otomatis hanya menggunakan jaringan WiFi)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.