Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Blokir Panggilan Spam yang Mengganggu di iPhone

Kompas.com - 15/08/2022, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com- iPhone memiliki beberapa fitur yang dapat membantu pengguna melindungi privasinya. Adapun salah satu contoh fitur perlindungan privasi tersebut adalah blokir panggilan dari nomor telepon yang asing atau tak dikenal.

Dalam kondisi tertentu, panggilan telepon masuk kadang bisa turut mengganggu pengguna, apalagi kalau panggilan tersebut datang dari nomor telepon yang tak dikenal dan dilakukan secara beruntun pada satu waktu (spam).

Baca juga: Cara Buka Kunci iPhone dengan Suara secara Mudah

Kasus panggilan spam seperti itu kerap dilakukan oleh perusahaan tertentu yang menawarkan sebuah produk ke pengguna. Untuk menawarkan suatu produk, perusahaan bisa menghubungi pengguna secara berulang-ulang.

Alhasil, panggilan tersebut bakal sangat mengganggu. Bila menjumpai kasus semacam ini, salah satu solusinya adalah dengan memblokir panggilan spam. Lantas, bagaimana cara memblokir panggilan spam di iPhone?

Memblokir panggilan spam di iPhone bisa dilakukan secara mudah dengan mengakses menu “Phone” atau “Telepon”. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara blokir panggilan spam di iPhone.

Cara blokir panggilan spam di iPhone

  • Buka ikon gagang telepon di layar “home” untuk mengakses menu “Phone” atau “Telepon”.
  • Klik menu panggilan “Terbaru” yang tertera di bagian bawah layar aplikasi.
  • Cari nomor tidak dikenal yang melakukan spam dan hendak diblokir
  • Jika telah ketemu, klik ikon bulat dengan huruf “i” ditengahnya, yang tertera di samping nomor tidak dikenal itu.
  • Terakhir, klik opsi “Blokir Penelepon ini”.

Ilustrasi cara blokir panggilan spam di iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara blokir panggilan spam di iPhone.

Saat diblokir, nomor tersebut tidak bakal bisa menghubungi lagi, baik via panggilan telepon maupun pesan SMS. Cukup mudah bukan untuk memblokir panggilan spam di iPhone?

Sementara itu, bila ingin mengantisipasi panggilan spam yang datang di kemudian hari dari nomor telepon asing, caranya bisa dengan mengaktifkan fitur “Silence Unknown Caller”. Saat fitur tersebut aktif, panggilan dari nomor asing bakal tidak berdering alias senyap.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, silakan buka menu pengaturan iPhone dan pilih opsi “Telepon” atau “Phone”. Selanjutnya, gulir ke bawah dan aktifkan opsi “Silence Unknown Caller” dengan menggeser toggle ke warna hijau.

Baca juga: Cara Cari Judul Lagu dengan Suara di iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Demikianlah cara blokir panggilan spam di iPhone dengan mudah. Sebagai informasi tambahan, cara cara di atas dijajal pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.5. Beda versi sistem operasi yang dipakai, mungkin bakal beda pula letak opsi dan tahapannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com