Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Pusat Perbelanjaan HP di Jakarta dan Tangerang, Gerai Ponsel Sepi, Aksesori Ramai

Kompas.com - 21/06/2023, 10:20 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Firma riset Counterpoint Research dan IDC, menyebut bahwa pengiriman (shipment) smartphone di Indonesia pada kuartal I-2023 melesu.

IDC menyebut pasar smartphone turun 11,9 persen dari tahun ke tahun (YoY) dan 7,2 persen dari kuartal ke kuartal (QoQ). Sementara itu, laporan Counterpoint menyebut pasar smartphone Indonesia turun 8,1 persen secara YoY untuk periode yang sama.

Kondisi tersebut tampaknya tergambar di sejumlah pusat perbelanjaan ponsel di Jakarta dan Tangerang.

Pada Senin (12/6/2023), KompasTekno bertandang ke sejumlah gerai ponsel yang ada di beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta dan Tangerang. Lokasi yang dikunjungi antara lain ITC Roxy Mas, ITC Mall Kuningan, Mall Ambassador, ITC Cempaka Mas, Pusat Grosir Cililitan (PGC), dan Supermall Karawaci.

Berdasarkan pantauan kami yang datang pada siang hari, sejumlah toko di beberapa pusat perbelanjaan banyak yang masih tutup dan tengah beberes untuk membuka toko. Namun, kondisi ini ditemukan berbeda di setiap lantainya.

Di ITC Roxy Mas yang terletak di Jakarta Barat misalnya. Kondisi pusat perbelanjaan dari pintu masuk menunjukkan banyak toko yang sudah buka dan beberapa konsumen tengah berlalu-lalang. Ketika naik ke lantai dua dan seterusnya. Beberapa gerai HP banyak yang buka, tetapi sepi pengunjung.

Baca juga: Blusukan ke Sentra Ponsel di PGC Jakarta, HP Apa yang Paling Laris?

Deretan toko dari tangga eskalator juga terlihat kosong. Bangku-bangku berjejer di depan toko, tetapi tidak ada satupun konsumen yang duduk atau sekadar menghampiri toko. Hanya tampak penjaga toko dan beberapa pegawai lainnya.

Suasana Mal Ambassador yang sepi pengunjung, Senin (12/6/2023).KOMPAS.com/Bill Clinten Suasana Mal Ambassador yang sepi pengunjung, Senin (12/6/2023).

Seperti halnya ITC Roxy Mas, Mall Ambassador dan ITC Kuningan di Jakarta Selatan, juga terpantau sepi. Padahal, dua lokasi tersebut merupakan pusat perbelanjaan gadget yang popular di Jakarta Selatan. Konsumen umumnya kerap membeli HP baru di sana.

Beberapa pusat perbelanjaan lainnya, seperti di PGC Cililitan di Bekasi, ITC Cempaka Mas di Jakarta Pusat, dan Lippo Karawaci di Tangerang, ketiganmya terlihat memiliki situasi yang sama. Beberapa kios tampak masih sedikit yang beroperasi di siang hari.

Kemungkinan, lengangnya beberapa pusat perbelanjaan tersebut karena kunjungan kami di Senin siang, di mana banyak orang sedang bekerja.

Mayoritas penjaga toko di Ambassador dan ITC Kuningan mengatakan, pada hari biasa atau hari kerja/weekday (Senin-Jumat), toko-toko di sana memang sepi pengunjung.

"Weekday biasanya memang tidak seramai akhir pekan (weekend). Tapi, tetap ada saja yang membeli (di hari kerja), walaupun sedikit dan tidak sebanyak hari libur," sebut salah satu penjaga toko di ITC Kuningan.

Beberapa penjaga toko juga mengatakan bahwa toko yang sepi juga mungkin disebabkan oleh banyaknya pelanggan yang membeli HP secara online.

Baca juga: Pengiriman HP di Indonesia Lesu, Begini Kondisi di ITC Roxy

Banyak pengunjung, tapi cuma lewat

Suasana konter HP di e-center Supermal Karawaci, Tangerang.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Suasana konter HP di e-center Supermal Karawaci, Tangerang.

Beberapa toko yang berhasil diwawancarai KompasTekno mengaku bahwa konsumen kebanyakan sekadar lewat saja. Mereka tidak menghampiri/mengunjungi konter HP yang dilewati.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com