Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluncuran iPhone "Murah" SE 4 Disebut Makin Molor, Dirilis 2025?

Kompas.com - 26/06/2023, 13:02 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Apple meluncurkan iPhone SE 3 pada 2022 lalu, atau dua tahun setelah iPhone SE 2 diperkenalkan. Pola waktu peluncuran ini membuat Apple diprediksi akan merilis iPhone SE 4 pada 2024 mendatang.

Sejumlah bocoran soal kehadiran iPhone SE 4 tahun depan juga sudah bermunculan di dunia maya. Namun, kabar terbaru mengatakan bahwa kehadiran iPhone versi "murah" ini akan molor.

Peluncuran iPhone SE 4 dikabarkan tertunda karena sebuah masalah. Hal ini diungkapkan oleh sejumlah analis Apple dari firma riset Barclays.

Menurut mereka yang kabarnya sudah berdiskusi dengan sejumlah "orang dalam" Apple, iPhone SE 4 akan diluncurkan sekitar 2025 mendatang, satu tahun lebih lambat dari perkiraan. 

Adapun penundaan peluncuran iPhone SE 4 ini konon disebabkan oleh chip modem buatan Apple yang disebut belum siap mentenagai perangkat tersebut. Selain itu, chip modem tersebut juga dikabarkan baru bisa diproduksi massal pada 2025 mendatang. 

Baca juga: Jual iPhone 8 dan iPhone X Sekarang, Ini Alasannya

Seperti diketahui, iPhone SE 4 kabarnya merupakan iPhone pertama yang dibekali dengan chip modem 5G buatan Apple sendiri. Sebelumnya, Apple selalu mengandalkan Qualcomm untuk menghadirkan dukungan 5G di ponsel-ponsel buatannya. 

Nah, chip modem 5G buatan Apple ini kabarnya baru diproduksi pada 2025 mendatang, sehingga waktu peluncuran iPhone SE 4 akan disesuaikan dengan kehadiran chip modem ini.

Apple ingin bikin chip modem 5G sendiri sejak 2018

Terkait chip modem 5G, Apple konon sudah berniat untuk membuat chip modem 5G mereka sendiri sejak 2018 lalu. Langkah Apple dimulai sejak membeli sejumlah unit bisnis Intel yang berurusan dengan chip modem pada 2019 lalu. 

Menyoal iPhone SE 4, seorang analis Apple kenamaan, Ming-Chi Kuo sebelumnya sempat mengatakan bahwa perangkat tersebut kini bakal mengusung desain mirip iPhone XR.

Baca juga: Google Pixel Bikin iPhone 14 Pro Pingsan Berkali-kali

Dengan kata lain, iPhone yang diduga bakal mengusung layar OLED 6,1 inci ini akan memiliki desain "poni" lebar untuk pertama kalinya dari iPhone SE Series, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Senin (26/6/2023).

Belum diketahui apakah iPhone SE 4 ini nantinya bakal benar-benar menggunakan chip modem 5G buatan Apple atau justru masih memakai chip modem 5G buatan Qualcomm. Kita nantikan saja. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com