Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Smartphone Lipat yang Akan Meluncur pada 2023

Kompas.com - 26/06/2023, 19:15 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Tech Radar

KOMPAS.com - Pasar smartphone lipat (foldable phone) menjadi segmen makin ramai beberapa waktu belakangan ini. Smartphone lipat yang sudah diluncurkan pada tahun ini adalah Oppo Find N2 Flip dan Google Pixel Fold, ponsel lipat pertama Google.

Kemunculan dua perangkat lipat baru ini menjadi indikasi bahwa smartphone model lipat cukup digemari.

Setiap perangkat juga datang dengan desain dan keunggulannya yang berbeda. Oppo Find N2 Flip mengunggulkan layar sekunder di bagian depannya yang berukuran besar.

Oppo Find N2 Flip dirancang dengan lipatan clamshell atau vertikal (dari atas ke bawah), sedangkan Google Pixel Fold memiliki bentuk lipatan horizontal menyerupai buku, dapat dibuka buka ke kanan dan kiri.

Nah, seperti yang dikutip KompasTekno dari Tech Radar, Senin (26/6/2023), selain dua ponsel lipat di atas, akan ada lima smartphone lipat lainnya yang bakal segera hadir di 2023.

Lima perangkat tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi konsumen yang ingin beralih ke smartphone model lipat. Penasaran ada apa saja? Simak artikel berikut ini.

Baca juga: Penjualan Ponsel Lipat Samsung Lebih Banyak dari Gabungan Huawei, Oppo, Vivo, Xiaomi, dkk

1. Samsung Galaxy Z Fold 5

Bocoran poster Samsung Galaxy Z Fold 5 yang beredar di dunia mayaMy Smart Price Bocoran poster Samsung Galaxy Z Fold 5 yang beredar di dunia maya
Samsung Galaxy Z Fold 5 menjadi salah satu perangkat yang kabarnya bakal segera meluncur dalam waktu dekat. Perangkat konon bakal diperkenalkan dalam acara tahunan Galaxy Unpacked 2023.

Sebagai salah perangkat lipat yang cukup populer, Galaxy Z Fold 5 diduga kuat mengusung layar seluas 7,6 inci yang mirip dengan desain Google Pixel Fold dan pendahulunya, Galaxy Z Fold 4.

Sedangkan untuk layar utamanya disebut akan berukuran 6,3 inci. Samsung juga dilaporkan mengadopsi konstruksi mekanisme engsel yang lebih baru.

Konon, mekanisme lipatan yang baru bakal membuat bekas lipatan di tengah layar lebih tersamarkan. Dengan kebaruan tersebut, Galaxy Z Fold 5 dikabarkan bakal dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggulir layar.

Soal daya, perangkat disinyalir mengandalkan chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang sama seperti Galaxy S23 series. Perangkat juga dikabarkan bakal dilengkapi sensor kamera yang baru.

2. Samsung Galaxy Z Flip 5

Selfie dari Cover Screen. Dok. Samsung Selfie dari Cover Screen.

Bersamaan dengan peluncuran Galaxy Z Fold 5, Samsung juga diyakini akan memperkenalkan Galaxy Z Flip 5. Perangkat tersebut datang dengan bodi yang lebih kecil dan mengadopsi lipatan clamshell (dari atas ke bawah).

Kabarnya, perangkat ini bakal memiliki spesifikasi dan desain yang tidak terlalu beda dari pendahulunya. Hanya saja, layar sekunder di depan perangkat dikatakan bakal diperbesar dari 1,9 inci menjadi 3,4 inci.

Kebaruan lainnya, perangkat bakal ditenagai chipset yang lebih ngebut, mengadopsi mekanisme engsel yang lebih baru, sensor kamera baru, hingga mendukung SamsungDeX.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com