Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] - Ciri-ciri Penipuan Modus Kerja Freelance yang Marak di WhatsApp | YouTuber Ini Raup Rp 6 Miliar Dalam Setahun, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 01/07/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Akhir-akhir ini, marak penipuan dengan modus penawaran kerja paruh waktu (part time) atau pekerja lepas (freelance) yang diterima lewat aplikasi WhatsApp.

Modus penipuan ini akan mengarahkan korban untuk melakukan beberapa tugas, di mana ujung-ujungnya, korban akan diminta untuk mengirim sejumlah uang sebagai deposit.

Deposit itu merupakan syarat agar bisa mendapatkan upah yang lebih tinggi. Ciri-ciri modus penipuan ini menjadi salah satu berita teknologi terpopuler di KompasTekno.

Selan itu, ada pula peluncuran Asus Zenfone 10. Ponsel ini membawa peningkatan dari segi kamera dengan menghadirkan sistem gimbal hybrid 6 sumbu baru, serta kemampuan wireless charging.

Ada pula berita lain soal cerita seorang YouTuber yang meraup pendapatan sebesar Rp 6 miliar dalam setahun. Bagaimana caranya?

Cerita selengkapnya ada di rangkuman berita teknologi populer KompasTekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO] - Poco F5 dan X5 Pro Resmi di Indonesia | Mobile Legends Punya Sistem Emblem Baru

Ciri-ciri penipuan modus kerja freelance

Kejahatan siber terus menghantui pengguna internet, tak terkecuali pada pengguna aplikasi pesan instan seperti WhatsApp. Baru-baru ini banyak terjadi penipuan berkedok penawaran pekerjaan freelance dan part time via WhatsApp.

Tak jarang modus penipuan ini telah memakan banyak korban. Maka dari itu, untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap kejahatan siber dengan modus jenis ini, ada beberapa ciri-ciri yang bisa diperhatikan.

Selengkapnya ada di artikel "Waspada, Ini Ciri-ciri Penipuan Modus Kerja Freelance yang Marak di WhatsApp ".

Asus Zenfone 10 resmi dirilis

Asus meluncurkan smartphone terbarunya, Asus Zenfone 10 ke Indonesia pada Kamis (29/6/2023). Perangkat ini merupakan penerus dari Asus Zenfone 9 yang sudah meluncur pada November 2022Asus Asus meluncurkan smartphone terbarunya, Asus Zenfone 10 ke Indonesia pada Kamis (29/6/2023). Perangkat ini merupakan penerus dari Asus Zenfone 9 yang sudah meluncur pada November 2022

Asus resmi meluncurkan smartphone terbarunya, Asus Zenfone 10 pada Kamis (29/6/2033). Ponsel ini merupakan penerus Zenfone 9 yang sudah dirilis pada November 2022 lalu.

Sebagai penerus, Asus Zenfone 10 membawa upgrade dari segi kamera dengan menghadirkan sistem gimbal hybrid 6 sumbu baru (6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization), serta kemampuan wireless charging yang absen di Zenfone 9.

Dari segi desain, Zenfone 10 masih mengusung desain bodi yang ringkas dan lebih mungil ketimbang kebanyakan ponsel yang beredar saat ini.

Spesifikasi lengkapnya bisa disimak di artikel "Asus Zenfone 10 Resmi Dirilis, Bawa Wireless Charging dan Gimbal Kamera Baru".

IndiHome resmi gabung Telkomsel

(kiri-kanan) Direktur Enterprise & Business Service Telkom FM Venusiana R, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom Heri Supriadi, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, dan Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu B. Sigit dalam acara penandatanganan penggabungan Indihome ke Telkomsel, Senin (26/6/2023)Telkomsel (kiri-kanan) Direktur Enterprise & Business Service Telkom FM Venusiana R, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom Heri Supriadi, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, dan Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu B. Sigit dalam acara penandatanganan penggabungan Indihome ke Telkomsel, Senin (26/6/2023)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com