Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] - Twitter Ancam Gugat Meta gara-gara Threads | TikTok Music Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 08/07/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Threads, aplikasi buatan Meta (induk perusahaan Facebook, Instagram, dan WhatsApp) masih menjadi pembicaraan hangat sejak dirilis 6 Juli kemarin. Tidak hanya soal fitur-fiturnya yang amat mirip Twitter, kontorversinya juga menjadi sorotan.

Paling baru, Twiter mengirim surat ke CEO Meta, Mark Zuckerberg dan mendesak perusahaannya agar berhenti menggunakan informasi rahasia Twitter. Twitter bahkan mengancam akan menguggat Meta karena hal itu.

Kabar tersebut menjadi salah satu berita teknologi terpopuler di KompasTekno. Berita lain yang juga cukup banyak dibaca adalah peluncuran TikTok Music di Indonesia.

TikTok Music adalah aplikasi layanan streaming musik, seperti Spotify, YouTube Music, dll.
Kendati demikian, TikTok Music punya ciri khas yang menjadi pembeda dibanding platform sejenis yang populer.

Apa itu? Simak selengkapnya di rangkuman berita teknologi KompasTekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO] - Threads Instagram, Aplikasi Mirip Twitter Resmi Dirilis | Samsung Galaxy Unpacked Digelar 26 Juli 2023

Twitter ancam gugat Meta

Meta (induk Facebook, Instagram, WhatsApp) resmi meluncurkan aplikasi media sosial baru bernama Threads pada Kamis (6/7/2023) secara global, termasuk di Indonesia. Secara umum, Threads memiliki fungsi utama yang sama seperti Twitter, yaitu sebagai layanan microblogging.

Artinya, pengguna Threads bisa melakukan percakapan berbasis teks dengan elemen pendukung gambar dan video. Nah, Twitter tampaknya tak senang dengan kehadiran Threads.

Bahkan, beberapa jam setelah Threads dirilis global, perusahaan yang identik dengan logo burung biru tersebut, resmi mengirimkan sebuah surat ancaman kepada CEO Meta, Mark Zuckerberg (Zuck).

Dalam surat yang dikirimkan pengacara Twitter Alex Spiro tersebut, Twitter mendesak Meta agar berhenti menggunakan beragam "rahasia dapur" mereka di aplikasi Threads. Kecurigaan Twitter ini mungkin muncul karena kemiripan Threads dengan Twitter.

Informasi selengkapnya bisa disimak di artikel "Twitter Surati Zuckerberg, Desak Threads Stop Pakai Informasi Rahasia".

Pengguna Threads tembus 30 juta kurang dari sehari

CEO Meta, Mark Zuckerberg (Zuck) kini sedang bahagia melihat pertumbuhan pengguna di aplikasi media sosial terbarunya yang mirip Twitter, Threads yang diluncurkan secara global pada Kamis (6/7/2023).

Pasalnya, dalam beberapa jam terakhir, ia gemar mengunggah sejumlah postingan soal jumlah pengguna di Threads secara berkala melalui akun Thread resminya dengan handle @zuck.

Yang terbaru, Zuck kini sesumbar bahwa pengguna Threads sudah menembus angka 30 juta pengguna dalam waktu kurang dari sehari alias 24 jam setelah peluncurannya.

Ia sebenarnya tak mengumbar bahwa angka tersebut diraih kurang dari sehari. Namun apabila melihat selisih waktu postingan Zuck di Threads pada gambar di bawah ini, maka pencapaian 30 juta pengguna Threads ini boleh jadi berkisar 15 jam setelah peluncuran aplikasi tersebut.

Ilustrasi unggahan Zuck di Threads beberapa jam setelah aplikasi tersebut meluncur global.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi unggahan Zuck di Threads beberapa jam setelah aplikasi tersebut meluncur global.

Informasi selengkapnya bisa disimak di artikel "Threads Laris Manis, Tembus 30 Juta Pengguna Kurang dari Sehari ".

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com