Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] - Threads Instagram Mulai Membosankan? | Windows 11 versi Mini Cuma Butuh RAM 176 MB

Kompas.com - 17/07/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Sejak dirilis Meta 6 Juli lalu, Threads langsung mendapat sambutan positif.
Buktinya, pengguna platform mikroblogging yang mirip Twitter itu langsung tembus 100 juta dalam lima hari sejak diluncurkan.

Akan tetapi, tampaknya Threads belum bisa membuat penggunanya betah berlama-lama.
Apa sebabnya? Berita soal Threads ini menjadi salah satu artikel teknologi terpopuler di KompasTekno.

Berita lain yang juga menjadi sorotan adalah soal jenis huruf (font) default Microsoft terbaru, yakni Aptos. Aptos diperkenalkan untuk menggantikan font Calibri. Artikel lain yang juga cukup banyak dibaca masih soal software, yakni Windows 11 yang ternyata cuma butuh kapasitas RAM cukup kecil.

Windows 11 ternyata bisa berjalan di sistem dengan kapasitas RAM 176 MB saja. Akan tetapi, bukan Windows 11 reguler seperti yang biasa ada di laptop atau PC yang memiliki kemampuan tersebut.

Selengkapnya, berikut rangkuman berita teknologi KompasTekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO] - Centang Biru Instagram dan Facebook Kini Bisa Dibeli di Indonesia | TikTok Jualan Produk Sendiri lewat Project S, Barangnya dari China

Threads Instagram mulai membosankan?

Threads, platform baru Meta yang mirip Twitter, menemukan tantangan baru sejak dirilis 6 Juli lalu. Tampaknya, pengguna Threads mulai jenuh dengan platform tersebut.

Dalam kurang dari lima hari setelah peluncuran, Threads menunjukkan tren penurunan dalam aspek pertumbuhan jumlah pengguna, dan waktu yang dihabiskan (time-spent) pengguna di aplikasi.

Setidaknya begitulah menurut firma riset Sensor Tower dan SimiliarWeb. Managing Director Sensor Tower, Anthony Bartolacci tak memungkiri bahwa aplikasi microblogging pesaing Twitter itu menjadi buah bibir internet saat perilisan pada 6 Juli 2023.

Namun, pada hari Selasa dan Rabu (11 dan 12 Juli), Sensor Tower melihat pengguna aktif harian Threads menurun sekitar 20 persen dibandingkan hari Sabtu (8/11/2023). Selengkapnya bisa disimak di artikel "Threads Belum Bisa Bikin Pengguna Betah Berlama-lama".

Aptos, font baru Microsoft pengganti Calibri

Tampilan Aptos, font default baru di Microsoft Office.Microsoft Tampilan Aptos, font default baru di Microsoft Office.

Microsoft resmi mengumumkan jenis huruf (font) default terbarunya, "Aptos" untuk layanan Microsoft Office, Kamis (13/7/2023).

"Hari ini, kami memulai fase terakhir dari perubahan besar ini di mana Aptos akan mulai muncul sebagai font default baru di Word, Outlook, PowerPoint, dan Excel untuk ratusan juta pengguna," tulis Si Daniels, Manajer Produk Utama di Microsoft, dalam sebuah unggahan di blog Microsoft Design.

Dalam beberapa bulan ke depan, Aptos bakal digelontorkan secara bertahap dan bisa digunakan semua pengguna sebagai font default di Microsoft Office.

Dengan hadirnya Aptos, Calibri akan pensiun sebagai font default di Microsoft Office sejak 2007 atau selama kurang lebih 15 tahun terakhir.

Meski demikian, Calibri masih akan tersedia di Office. Selengkapnya bisa disimak di artikel "Selamat Datang Aptos, Font Default Microsoft Office yang Gantikan Calibri".

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com