Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Meta Verified atau Centang Biru Instagram dan Facebook di Indonesia

Kompas.com - 17/07/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Layanan centang biru Instagram dan Facebook berbayar atau secara resmi disebut Meta Verified, akhirnya tersedia di Indonesia. Meta Verified sejatinya telah dirilis secara terbatas sekitar Februari 2023.

Kala itu, layanan centang biru berbayar yang mirip Twitter Blue ini dirilis hanya untuk pengguna di Australia dan Selandia Baru. Sebulan berikutnya, layanan centang biru Facebook dan Instagram berbayar dirilis di Amerika Serikat.

Baca juga: Ramai soal Hapus Akun Threads Bisa Hilangkan Akun Instagram, Benarkah Demikian?

Kini, pengguna di Indonesia bisa langganan Meta Verified. Kehadiran layanan centang biru Facebook dan Instagram berbayar di Indonesia diumumkan langsung oleh CEO Meta Indonesia, Pieter Lydian lewat sebuah posting di akun Instagram pribadinya @pieterlydian.

“Dengan senang saya menyampaikan bahwa Meta Verified kini telah tersedia dan dapat dibeli secara langsung melalui Instagram atau Facebook di Indonesia," tulis akun @pieterlydian.

Dengan kehadiran layanan berbayar ini di Indonesia, lantas berapa harga centang biru Instagram dan Facebook? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan harga centang biru Instagram dan Facebook di Indonesia.

Harga centang biru Instagram dan Facebook

Untuk diketahui, sebagaimana dilansir laman resmi Meta, harga centang biru Instagram dan Facebook secara global dipatok 11,99 dollar AS (sekitar Rp 180.000) per bulan untuk pengguna Instagram dan Facebook versi web.

Kemudian, untuk pengguna yang memakai Instagram dan Facebook versi aplikasi di iOS atau Android, harga langganan Meta Verified dipatok lebih mahal, yaitu 14,99 dollar AS (sekitar Rp 225.000).

Harga di atas merupakan harga Meta Verified secara global. Sementara itu, harga centang biru Instagram dan Facebook di Indonesia dipatok lebih murah.

Pieter mengungkapkan, pengguna Instagram dan Facebook dapat berlangganan Meta Verified seharga Rp 100.000 per bulan untuk pengguna Instagram dan Facebook versi web.

Sedangkan layanan Meta Verified untuk pengguna iOS dan Android dibanderol dengan harga lebih mahal, yakni Rp 130.000 per bulan.

Keuntungan centang biru Instagram dan Facebook berbayar

Layanan centang biru Instagram dan Facebook berbayar ini memberikan sejumlah keuntungan untuk pengguna. Dalam postingan yang sama, Pieter merinci beberapa keuntungan centang biru Instagram dan Facebook berbayar atau Meta Verified.

Pertama, akun pengguna Instagram dan Facebook akan secara otomatis diverifikasi dengan lencana centang biru. Lencana tersebut menunjukkan bahwa akun merupakan pengguna asli yang telah diautentikasi dengan data identitas resmi.

Baca juga: Mengenal Threads, Aplikasi Media Sosial Baru Buatan Facebook yang Mirip Twitter

Kedua, pengguna akan mendapatkan perlindungan ekstra dari akun yang mengaku sebagai pengguna. Caranya, Meta akan melakukan pemantauan akun secara proaktif untuk peniru yang mungkin menargetkan orang-orang dengan audiens online yang terus bertambah.

Keuntungan centang biru Instagram dan Facebook yang terakhir adalah pengguna bakal mendapatkan akses langsung ke dukungan pelanggan serta fitur stiker eksklusif.

Syarat langganan Meta Verified

Meta Verified tidak bisa didapatkan oleh semua pengguna, hanya pengguna yang memenuhi syarat yang bisa berlangganan. Dikutip dari laman resmi Instagram, adapun syarat langganan Meta Verified adalah sebagai berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com