Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPad Tersangkut di Pedal, Helikopter Chinook Jatuh

Kompas.com - 18/07/2023, 11:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada 21 Juli 2022, sebuah helikopter bermesin ganda Boeing CH-47D milik perusahaan charter ROTAX, jatuh di Sungai Salmon (Salmon River), negara bagian Idaho, Amerika Serikat (AS). 

Setelah sekitar satu tahun,Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB) mengungkap penyebab kecelakaan tersebut, yang salah satunya diduga disebabkan oleh satu unit iPad yang jatuh dan tersangkut di alat kemudi helikopter.

Baca juga: YouTuber Sewa Helikopter demi Jawab Soal Fisika yang Viral

Lebih lanjut, iPad tersebut, yang ditemukan memiliki sejumlah titik benturan dan sudah bengkok, tersangkut dan mengganjal pedal rudder kiri di kursi kopilot, yang terletak di sebelah kanan helikopter. 

Biasanya, pilot dan kopilot helikopter masing-masing memiliki dua pedal rudder (kiri dan kanan) yang bisa dinjak guna mengontrol perputaran (yaw) helikopter.

Ilustrasi iPad yang bengkok dan mengganjal pedal.Verticalmag.com Ilustrasi iPad yang bengkok dan mengganjal pedal.

Sama seperti fungsinya, pedal kiri digunakan untuk memutar helikopter ke kiri, sedangkan pedal kanan digunakan untuk memutar helikopter ke kanan. 

Karena iPad tersangkut di pedal kiri kursi kopilot, maka helikopter terpaksa akan terus memutar ke arah kiri atau melawan arah jam. 

Inilah yang menyebabkan mengapa helikopter Boeing CH-47D ini memutar melawan arah jam (memutar ke kiri), tidak terkontrol, hingga jatuh ke Sungai Salmon pada Juli tahun lalu. Insiden helikopter jatuh ini terjadi dalam waktu sekitar 13 detik. 

Baca juga: Salah Input iPad, Ekor Pesawat Qantas Terseret

Terkait pedal, perputaran yang berasal dari kursi kopilot ini sebenarnya bisa dicegah pilot dengan menginjak pedal kanan, supaya dia bisa melawan efek paksaan perputaran ke kiri dari kopilot.

Namun, pilot kabarnya tak bisa mengembalikan helikopter ke posisi semula sehingga kecelakaan tak bisa dihindari.

Ilustrasi iPad yang mengganjal di panel kopilot di sebelah kanan helikopter.Verticalmag.com Ilustrasi iPad yang mengganjal di panel kopilot di sebelah kanan helikopter.

Akibat insiden ini, pilot helikopter tersebut (Thomas Hayes, 41) dan kopilotnya (Jared Bird, 36) meninggal dunia. Mereka berdua sebenarnya sempat diselamatkan sesaat setelah helikopter jatuh, tetapi nahas nyawa mereka tak tertolong.

Terkait iPad, tablet bikinan Apple ini merupakan salah satu alat yang lumrah digunakan di dalam kokpit untuk merencanakan penerbangan.

Penggunaan alat ini kabarnya akan meningkatkan efisien, serta mengurangi beban pesawat ketika menggunakan alat pencatatan penerbangan konvensional (kertas), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari VerticalMagazine, Selasa (18/7/2023). 

Dengan kata lain, tak aneh apabila helikopter Boeing CH-47D tadi dibekali dengan satu unit iPad lantaran memang berfungsi untuk operasional dan perencanaan penerbangan helikopter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com