Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lensa Nikon Ini Super Langka dan Super Lebar, Dijual Rp 2 Miliar

Kompas.com - 21/07/2023, 06:30 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Kadang ada saja lensa kamera eksotik yang muncul dan dijual dengan harga selangit. Kali ini, sebuah lensa fisheye bernama Nikkor 6mm f/2.8 Fisheye tampak dalam satu listing di e-Bay. Harganya 130.000 euro atau hampir Rp 2,2 miliar.

Nikkor 6 mm f/2.8 Fisheye pertama kali diperkenalkan pada awal 1970-an untuk kamera DSLR Nikon (F-mount) dan memiliki bidang pandang super lebar, mencapai 220 derajat.

Begitu lebarnya Nikkor 6 mm f/2.8 Fisheye sehingga diketahui bisa melihat sampai ke belakang si fotografer yang menggunakannya.

Baca juga: Nikon Tak Lagi Kembangkan Kamera DSLR, Benarkah?

Hal tersebut dicapai lewat konstruksi dengan elemen-elemen lensa berukuran besar -sebanyak 12 elemen dalam 9 grup- sehingga penampilannya mirip mangkuk raksasa. Bobotnya lebih dari 5 kg, dengan lebar 236 mm dan panjang 171 mm.

Bagian mounting, ring aperture, dan focus scale dari lensa Nikkor 6mm f/2.8 Fisheye e-Bay Bagian mounting, ring aperture, dan focus scale dari lensa Nikkor 6mm f/2.8 Fisheye
Selain sangat lebar, lensa ini juga super langka. Diperkirakan jumlah yang pernah diproduksi tak sampai 200 buah karena pembeliannya dulu menggunakan sistem made-to-order alias hanya dibuat kalau ada pesanan.

Nikkor 6mm f/2.8 Fisheye dalam listing e-Bay yang bersangkutan disebut memiliki optis dalam kondisi "sempurna" serta datang lengkap dengan front cap khusus dari material kulit, rear cap, koper orisinil berbahan logam, serta manual untuk penggunaan dan perbaikan.

Baca juga: Kamera Xiaomi 13 Ultra Kalah dari iPhone 14 Pro meski Pakai Lensa Leica

Hingga Jumat (21/7/2023), lensa berharga fantastis itu masih belum terjual. Sebelumnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PetaPixel, lensa yang sama diketahui masuk lelang Leitz Photographica Auction tahun lalu, tapi juga tidak terjual.

Lensa Nikkor 6mm f/2.8 Fisheye  dan aksesori pelengkapnyae-Bay Lensa Nikkor 6mm f/2.8 Fisheye dan aksesori pelengkapnya
Meskipun langka, harga Nikkor 6mm f/2.8 Fisheye bisa sangat bervariasi karena setidaknya ada tiga versi dari lensa tersebut. Versi tertua adalah Nikkor Auto yang pertama kali hadir pada 1972, kemudian ada versi AI dan AI-S yang menyusul pada 1977 dan 1982.

Lensa dalam listing e-Bay kali ini adalah Nikkor 6mm f/2.8 Fisheye versi Auto dan diproduksi pada 1981.

Pada 2012 sebuah lensa Nikkor 6mm f/2.8 Fisheye diketahui nongol di e-Bay dengan banderol 34.000 dollar AS (Rp 500 juta). Tahun berikutnya, sebuah lensa Nikkor 6mm f/2.8 Fisheye lain terjual dengan harga 160.000 dollar AS (Rp 2,4 miliar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com