Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Android Ini Bakal Punya Fitur Canggih dari iPhone 14

Kompas.com - Diperbarui 26/07/2023, 08:18 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - iPhone 14 memiliki fitur canggih untuk berkomunikasi atau mengirim pesan lewat satelit. Konektivitas satelit ini biasanya digunakan dalam keadaan darurat.

Dengan fitur bernama "Smergency SOS via Satellite" pengguna tetap bisa mengirim pesan meski di luar jangkauan sinyal operator seluler dan internet.

Selain iPhone, fitur komunikasi satelit ini juga tersedia di jajaran ponsel Huawei Mate 50 series dan P60 series. Nah, kini fitur tersebut disinyalir akan hadir di ponsel Android.

Adapun informasi ini terungkap oleh pembocor gadget dengan handle @GooglePixelFC di Twitter. Menurut dia, fitur ini bakal menyambangi smartphone dengan sistem operasi Android 14.

Baca juga: Fitur Komunikasi Satelit iPhone Selamatkan Nyawa Dua Wanita yang Tersesat

Ia juga mengeklaim bahwa Google Pixel dan Samsung Galaxy akan menjadi ponsel pertama yang kebagian fitur tersebut. Sejumlah rumor yang beredar sebelumnya, mengatakan bahwa fitur komunikasi satelit ini akan hadir di sistem operasi Android 14.

"Fitur SMS Satellite (komunikasi satelit) akan ditambahkan ke Android. Konektivitas satelit membutuhkan perangkat keras yang kompatibel, sehingga kehadiran fitur tersebut bergantung pada pabrikan smartphone yang bersangkutan," tulis @GooglePixelFC.

"Google Pixel dan Samsung Galaxy bakal menjadi ponsel pertama yang bisa mengandalkan fitur SMS Satellite," lanjut @GooglePixelFC.

Kendati demikian, ia tidak menyebut secara rinci model Google Pixel dan Samsung Galaxy yang dilengkapi fitur konektivitas satelit. Ada kemungkinan bahwa fitur ini akan tersedia di ponsel anyar Google Pixel 8 dan Samsung Galaxy S24.

Samsung sendiri sebenarnya dirumorkan akan menghadirkan komunikasi satelit untuk smartphone Galaxy S23 series, yang meluncur pada Februari lalu. Namun, fitur tersebut belum tersedia.

Menurut Dr. TM Roh selaku Head of Mobile eXperience Business di Samsung Electronics, perusahaan belum siap untuk menghadirkan fitur konektivitas tersebut.

"Jika waktunya tepat, infrastruktur dan teknologinya siap, tentunya Samsung Galaxy akan secara aktif mempertimbangkan untuk mengadopsi fitur ini (konektivitas satelit)," ungkapnya.

Rumornya, Samsung Galaxy S24 akan diluncurkan pada Januari atau Februari tahun depan. Sementara itu, lini smartphone Google Pixel 8 diprediksi meluncur Oktober tahun ini.

Untuk software-nya sendiri, Android 14 versi stabil kabarnya bakal dirilis dalam beberapa pekan mendatang.

Saat ini, Android 14 sendiri masih dalam tahap uji coba yang keempat alias Beta 4, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GizmoChina, Selasa (25/7/2023).

Baca juga: Bukti Baru Fitur SOS di iPhone 14 Bukan Gimmick Semata

Fitur lainnya di Android 14

Ada sejumlah fitur yang bakal hadir di sistem operasi Android 14. Salah satunya adalah peningkatan privasi dan keamanan berupa kemampuan untuk menonaktifkan animasi PIN, agar pengguna lebih aman ketika membuka kunci ponsel di area publik.

Kemudian, pengguna juga bisa menambahkan pintasan (shortcut) baru di layar kunci (lock screen). Dengan begitu, pengguna dapat mengakses aplikasi atau menu yang paling sering dipakai, mulai dari e-wallet hingga kamera.

Tak berhenti sampai di situ saja, Google memberikan peningkatan Fitur Find My Device. Di Android 14, kini perangkat pengguna bisa dilacak meskipun dalam keadaan offline atau tidak mendukung layanan lokasi.

Dalam praktiknya, fitur ini memanfaatkan Bluetooth dan perangkat Android lain untuk membantu pengguna menemukan gawai miliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com