Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Counter-Strike 2 Sudah Bisa Dicoba di Indonesia, tapi Ada Syaratnya

Kompas.com - 01/09/2023, 16:01 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Valve telah merilis akses beta game shooter "Counter-Strike 2" (CS2) untuk lebih banyak pengguna, termasuk di Indonesia. Counter-Strike 2 versi Beta ini bisa dimainkan secara gratis lewat platform distribusi game milik Valve, Steam.

Nantinya, "Counter-Strike 2" versi akhir akan diluncurkan secara gratis pada musim panas 2023 ini atau sekitar September.

Game ini akan digelontorkan sebagai pembaruan dari "Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO)", sehingga pemain tidak perlu mengunduh game secara terpisah.

Berbeda dengan tahap closed beta sebelumnya yang hanya mengundang segelintir pemain, Valve kini menggelontorkan sebanyak-banyaknya akses untuk pemain, asalkan mereka memenuhi kriteria yang sudah ditentukan.

Adapun tiga syarat untuk mendapatkan akses beta Counter-Strike 2 ini.

Pertama, pengguna sudah pernah bermain game "CS:GO" dan memiliki status "Prime". Status "Prime" ini bisa dibeli di Steam dengan banderol harga Rp 229.999.

Status "Prime" memungkinkan gamer "CS:GO" untuk menikmati pengalaman bermain terbebas dari cheater, karena pengguna akan bermain dengan gamer lainnya yang juga memiliki status tersebut.

Selain itu, pemilik status "Prime" juga bisa mendapat item dalam game, seperti skin yang bisa dijual kembali untuk mendapatkan uang sungguhan (Steam Wallet). Nah, mekanisme "Prime" ini juga akan dibawa ke "CS2".

Syarat kedua, gamers masih memiliki rank dalam mode kompetitif. Rank ini tidak dibatasi, sehingga pemain dengan rank rendah seperti Silver, dan pemain dengan rank tinggi seperti Global Elite, memiliki kesempatan yang sama untuk menjajal beta "CS2".

Terakhir, pemain mesti memainkan sebagian besar pertandingan (match) resmi (seperti mode kompetitif) di salah satu wilayah tempat beta "Counter-Strike 2" tersedia.

Cara download Counter-Strike 2

KompasTekno sudah kebagian beta "CS2", sehingga dipastikan bahwa gamer di Indonesia juga kebagian.

Nah, gamer yang sudah memenuhi ketiga kriteria tersebut, akan mendapatkan undangan yang dapat diakses di game "Counter-Strike 2".

Untuk mengaksesnya, pengguna pertama-tama harus membuka game "CS:GO" terlebih dahulu. Setelah itu, pengguna akan melihat banner poster "CS2" bertuliskan "Counter-Strike 2 Limited Test Invitation" di sebelah kiri atas game.

Baca juga: Game Counter Strike Dipakai untuk Sebar Informasi Konflik Rusia Ukraina

Cara mengunduh Counter-Strike 2 BetaKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Cara mengunduh Counter-Strike 2 Beta

Begitu diklik, sebuah jendela pop-up akan muncul di tengah game. Pop-up ini pada dasarnya menjelaskan bahwa pengguna mendapatkan undangan untuk menjajal "CS2".

Counter-Strike 2 versi beta ini ditujukan untuk menguji coba sederet fitur baru di berbagai setup gaming pengguna, menguji infrastruktur server game tersebut, dan mengumpulkan saran serta kritik dari para pengguna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com