Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Swafoto di SSCASN dan Ketentuannya buat Daftar CPNS dan PPPK 2023

Kompas.com - 22/09/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja 2023 (pendaftaran CPNS dan PPPK 2023) sudah dibuka. Dalam tahap awal, peserta perlu membuat akun di portal SSCASN (Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara).

Pada saat pembuatan akun SSCASN untuk pendaftaran CPNS dan PPPK 2023, terdapat beberapa hal yang perlu dilalukan, termasuk mengambil foto selfie atau swafoto dan menggunggahnya di portal.

Baca juga: Cara Mengganti Background Foto di HP, Mudah dan Praktis

Swafoto SSCASN 2023 itu perlu dilakukan dengan benar, supaya peserta bisa daftar akun. Lantas, bagaimana cara swafoto di SSCASN yang benar buat daftar CPNS dan PPPK 2023? Jika hendak melakukan swafoto SSCASN 2023, silakan simak penjelasannya di bawah ini.

Ketentuan Swafoto SSCASN 2023

Sebelum mengetahui caranya, perlu dipahami dulu ketentuan Swafoto SSCASN 2023. Dikutip dari unggahan akun Instagram resmi Biro Kepegawaian Kejaksaan RI, adapun ketentuan swafoto SSCASN 2023 adalah sebagai berikut:

  • Menampilkan wajah peserta dengan jelas.
  • Foto diambil dalam format portrait dan close up.
  • Foto diambil dengan latar belakang bebas.
  • Menggunakan pakaian sopan.

Itulah beberapa ketentuan swafoto SSCASN 2023. Setelah memahami ketentuan itu, peserta perlu menyiapkan pengaturan perangkat supaya bisa mengambil Swafoto SSCASN 2023 dengan lancar. Penjelasannya bisa dilihat di bawah ini.

Hal yang perlu dilakukan sebelum swafoto SSCASN 2023

Sebelum Swafoto SSCASN 2023, setidaknya terdapat dua hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu. Adapun penjelasan mengenai hal yang perlu dilakukan sebelum swafoto SSCASN 2023 adalah sebagai berikut.

1. Cek webcam di desktop

Pertama, silakan cek webcam di desktop (komputer atau laptop). Pastikan webcam aktif dan bisa digunakan untuk mengambil foto. Cara mengeceknya bisa dilakukan dengan membuka aplikasi kamera bawaan di desktop.

Jika webcam bisa dipakai untuk mengambil foto atau video, artinya webcam tersebut aktif dan dapat digunakan untuk swafoto di portal SSCASN untuk buat akun dalam pendaftaran CPNS dan PPPK 2023.

2. Izinkan website SSCASN di browser mengakses webcam desktop

Hal kedua yang perlu dilakukan adalah mengizinkan website SSCASN di browser untuk mengakses webcam desktop. Saat membuat akun, website SSCASN bakal meminta izin untuk mengakses webcam.

Mengizinkan website SSCASN untuk mengakses webcam supaya bisa swafoto.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Mengizinkan website SSCASN untuk mengakses webcam supaya bisa swafoto.

Peserta harus mengizinkan akses tersebut supaya bisa menggunakan webcam desktop untuk swafoto di portal SSCASN. Jika tidak diizinkan maka webcam tak akan bisa dipakai untuk swafoto di portal SSCASN.

Setelah melakukan dua hal itu, kini peserta bisa mulai swafoto di SSCASN buat daftar CPNS dan PPPK 2023. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara swafoto di SSCASN untuk membuat akun dalam pendaftaran CPNS dan PPPK 2023.

Baca juga: Cara Ganti Background Foto Merah Online dengan Mudah dan Cepat

Cara swafoto di SSCASN buat daftar CPNS dan PPPK 2023

  • Kunjungi website https://sscasn.bkn.go.id dan mulai membuat akun.
  • Isi data diri pada formulir pembuatan akun SSCASN dengan benar, seperti nama lengkap, NIK, KK, tanggal serta tempat lahir, dan lain sebagainya.
  • Unggah foto KTP sesuai ketentuan dengan ukuran maksimal 200 KB.
  • Di bagian paling bawah formulir pembuatan akun SSCASN, bakal tersedia kolom untuk swafoto.
  • Di kolom tersebut, klik opsi “Ambil Foto”.
    Ilustrasi cara swafoto di SSCASN untuk membuat akun dalam pendaftaran CPNS dan PPPK 2023.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara swafoto di SSCASN untuk membuat akun dalam pendaftaran CPNS dan PPPK 2023.
  • Selanjutnya, webcam desktop bakal aktif dan mulailah untuk swafoto sesuai ketentuan di atas.
  • Peserta bisa mengambil swafoto ulang jika dirasa yang sebelumya kurang pas.
  • Setelah swafoto berhasil, peserta bisa memeriksa kembali data yang sudah dimasukkan. Jika sudah benar semua, peserta dapat mencetak Kartu Informasi Akun untuk nanti dipakai daftar seleksi CPNS atau PPPK.

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara swafoto di SSCASN buat daftar CPNS dan PPPK 2023. Sebagai informasi tambahan, setelah memiliki akun, terdapat serangkain proses pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 yang perlu diikuti.

Cara daftar CPNS dan PPPK 2023 serta syaratnya

Cara daftar CPNS dan PPPK 2023 terdiri dari beberapa proses. Adapun tiap proses dalam cara daftar CPNS dan PPPK 2023 secara umum adalah sebagai berikut:

  • Membuat akun SSCASN 2023 di website https://sscasn.bkn.go.id
  • Memilih formasi CPNS atau PPPK 2023 yang tersedia.
  • Mengikuti seleksi administrasi CPNS dan PPPK 2023.
  • Mengikuti seleksi kompetensi CPNS dan PPPK 2023.
  • Pengumuman kelulusan

Itulah cara daftar CPNS dan PPPK 2023 secara umum. Penjelasan yang spesifik di tiap alur atau proses tersebut bisa dibaca lebih lanjut dalam dokumen petunjuk teknis pendafaran CPNS dan PPPK 2023 dari Badan Kepegawaian Negara melalui tautan ini.

Untuk diketahui pula, sebelum melakukan pendaftaran, peserta hendaknya telah mehami syarat yang dibutuhkan. Dikutip dari laman resmi SSCASN, adapun syarat pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 secara umum adalah sebagai berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com