Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adobe Photoshop Web Dibuka untuk Umum, Ini Harga dan Spek Minimumnya

Kompas.com - 29/09/2023, 17:07 WIB
Lely Maulida,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Blog Adobe

KOMPAS.com - Setelah uji coba selama hampir dua tahun, Photoshop Web akhirnya tersedia untuk semua pengguna, termasuk di Indonesia. Program pengolahan foto profesional ini kini bisa diakses secara online lewat situs web Adobe.

Meski dirancang untuk platform web, Adobe, perusahaan pemilik Photoshop memboyong sebagian besar fitur yang ada di aplikasi Photoshop, termasuk tool yang didukung Firefly AI. Fitur tersebut termasuk Generative Fill dan Generative Expand, dua fitur yang belum lama ini dirilis ke Photoshop versi dekstop.

Menurut Adobe, fitur-fitur itu dihadirkan selama masa uji coba beta Photoshop web guna menyederhanakan pengalaman pengguna dan memudahkan pengguna baru mengenal alat edit perusahaan.

Alat-alatnya dikelompokkan berdasarkan alur kerja supaya memudahkan dan mempercepat proses edit foto. Agar lebih memudahkan pengguna, khususnya pengguna baru, Adobe juga menampilkan nama-nama tool edit di Photoshop.

"Kami juga menambahkan nama tool ke toolbar bagi pengguna yang belum terbiasa dengan ikon alat Photoshop," kata Pam Clark, Kepala Manajemen Produk Photoshop dalam posting blog Adobe.

Namun, pengguna bisa menyamarkan nama tool tersebut bila sudah sering memakai Photoshop dan terbiasa dengan antarmuka Photoshop versi desktop.

Baca juga: Apa Itu Figma yang Baru Dibeli Adobe Senilai Rp 298 Triliun?

Ada pula fitur Contextual Task Bar yang baru meluncur di Photoshop dekstop Juni lalu. Fitur ini menampilkan rekomendasi pengolahan yang relevan dengan proyek pengguna, sehingga proses editnya bisa lebih cepat tanpa perlu banyak klik menu.

"Misalnya menyimpan tahapan edit yang paling umum dipakai seperti mengganti latar belakang gambar, menyesuaikan pencahayaan serta warna gambar," ujar Clark.

Tangkapan gambar tampilan Photoshop webKompas.com/Mikha Angelo Tangkapan gambar tampilan Photoshop web

Dengan Photoshop web, pengguna bisa punya alternatif mengakses tool Photoshop tanpa perlu mengunduh dan instal aplikasi edit foto itu.

Photoshop web sudah tersedia untuk semua orang dengan harga mulai dari 9,99 dollar (sekitar Rp 155.000) per bulan. Pengguna bisa mencoba layanan edit foto itu lewat tautan ini, dengan uji coba gratis selama tujuh hari.

Namun perlu dicatat bahwa meskipun didesain untuk platform web yang pada dasarnya bisa diakses online lewat browser, Photoshop web hanya bisa berjalan di perangkat dengan spesifikasi yang mendukung.

Baca juga: Beda Adobe Lightroom dengan Lightroom Classic untuk Fotografer Pemula

Spesifikasi minimum Adobe Photoshop web

Bila Anda tertarik mencoba Photoshop web, perhatikan bahwa perangkat Anda memenuhi spesifikasi berikut ini.

Nama Spesifikasi
Browser Google Chrome/Microsoft Edge versi 102 dan di atas (64-bit)
Firefox versi 111 atau lebih tinggi
Prosesor 64-bit dengan core 4+
Sistem operasi Windows 10 (64-bit), macOS 10.15 atau lebih baru
RAM 8 GB
Tahun  2015 atau lebih baru
Sisa memori internal 6 GB

Baca juga: Adobe Photoshop Punya Fitur Edit Foto Pakai AI, Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com