Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Micron Bikin RAM DDR5-7200 dengan Teknologi "1-Beta"

Kompas.com - 17/10/2023, 19:15 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pabrikan memori Micron mengumumkan ketersediaan produk RAM DDR5 baru dengan rating hingga DDR5 7200 MT (mega transfer) per detik.

RAM DDR5 dengan Rating 7200 MT/s sebenarnya tidak benar-benar baru karena sudah ada beberapa lama. Namun, DDR5 7200 di pasaran saat ini biasanya adalah memori dengan rating lebih rendah yang sudah teruji dan bisa berjalan di 7200 MT/s lewat overclock.

Beda halnya dengan memori baru dari micron yang mulai ditawarkan dalam kapasitas die DRAM 16 Gb ini, rating-nya benar-benar 7200 MT/s sehingga menawarkan bandwidth tinggi semenjak dari pabrik.

Baca juga: Samsung Bikin Modul RAM DDR5 1 TB untuk Data Center

RAM DDR5 7200 MT/s Micron pun sesuai untuk workstation dan server yang tidak bisa overclock, untuk mengatasi hambatan "memory wall" di mana kinerja CPU yang semakin tinggi sulit dikejar oleh memori.

Micron sudah mulai mengirimkan RAM DDR5 7200 MT/s buatannya ke para klien data center. Selain itu, produk memori ini juga digunakan oleh klien yang membuat produk PC untuk pengguna secara umum, seperti Asus lewat lini laptop ROG.

Teknologi process note 1 Beta dari Micron yang digunakan untuk manufaktur produk-produk memoriMicron Teknologi process note 1 Beta dari Micron yang digunakan untuk manufaktur produk-produk memori

Dihimpun KompasTekno dari Hot Hardware, Selasa (17/10/2023), Micron memproduksi memori DDR5 7200 MT/s dengan teknologi process node 1β (1-beta) yang dikembangkan oleh perusahaan tersebut untuk manufaktur DRAM.

Proses produksi node 1β menggunakan litografi deep ultraviolet (DUV) sehingga tidak memerlukan peralatan extreme ultraviolet (EUV) yang kompleks dan mahal seperti dipakai oleh pabrikan memori lainnya.

Baca juga: UltraRAM, Jenis Memori Baru yang Sekencang DRAM dan Bisa Jadi Storage seperti SSD

Meskipun demikian, Micron mengklaim teknologi 1β dapat meningkatkan bit density dari die memori 16 Gb sebesar 35 persen sekaligus meningkatkan efisiensi daya sebesar 15 persen dibandingkan teknologi sebelumnya (1α, Alpha).

Teknologi 1β Micron kini sudah digunakan untuk memproduksi berbagai jenis memori, termasuk RAM LPDDR5X di perangkat mobile, HBME3E di GPU, serta nantinya GDDR7 untuk produk-produk kartu grafis yang akan datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com