Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garmin Perkenalkan D2 Mach 1 Pro, Smartwatch untuk Pilot

Kompas.com - 26/10/2023, 15:30 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Pabrikan perangkat wearable Garmin memperkenalkan smartwatch baru bernama D2 Mach 1 Pro. Seperti anggota lini produk D2 mainnya, Mach 1 Pro ditujukan bagi para penerbang, termasuk pilot profesional.

VIce President Aviation Sales and Marketing Garmin, Carl Wolf, mengatakan bahwa D2 Mach 1 Pro dilengkapi serangkaian kemampuan yang bisa dimanfaatkan oleh para pilot dalam kegiatan sehari-hari.

"Sambil menawarkan baterai yang bisa bertahan bahkan selama penerbangan komersil berdurasi panjang," ujar Wolf, sambil menambahkan bahwa Mach 1 Pro merupakan smartwatch dari lini D2 yang paling "premium".

Baca juga: Garmin Rilis Smartwatch Venu 2 Plus dan Vivomove Sport, Ini Spesifikasinya

Baterai Garmin D2 diklaim bisa bertahan hingga 25 hari dalam mode smartwatch atau 46 jam ketika menjalankan Fly activity (GPS + SpO2).

Smartwatch bergaya klasik pilot dengan pilihan ukuran 47 mm dan 51 mm ini memiliki bezel dan sabuk berbahan logam titanium. Fitur-fiturnya disesuaikan dengan kebutuhan para penerbang di industri aviasi.

Garmin D2 Mach 1 Pro dibekali senter LED yang warna dan tingkat kecerahannya bisa diaturGarmin Garmin D2 Mach 1 Pro dibekali senter LED yang warna dan tingkat kecerahannya bisa diatur
Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (26/10/2023), salah satu andalannya adalah senter LED terintegrasi dengan tingkat kecerahan warna putih yang bisa diatur, berikut pilihan warna merah.

Layar Garmin D2 Mach 1 Pro menggunakan panel AMOLED bundar berukuran 1,4 (454 x 454 piksel). Dengan mode Red Shift, warna semua tampilan layar bisa berubah menjadi merah untuk mempermudah penggunaan di kondisi gelap seperti malam hari.

D2 Mach 1 Pro menyajikan fitur-fitur khusus untuk keperluan preflight, in-flight, dan postflight, termasuk akses database aeronautika global, HSI, serta peta Direct-to dan Moving yang semuanya bisa digunakan tanpa koneksi ke ponsel.

Garmin D2 Mach 1 ProGarmin Garmin D2 Mach 1 Pro

Baca juga: Smartwatch Garmin Forerunner 55 dan Forerunner 945 LTE Resmi Meluncur

Ada juga rangkaian informasi cuaca NEXRAD, METAR, TAF, dan MOS, serta alert untuk hal lain terkait waktu dan jarak perjalanan, ketinggian, dan fuel timer.

Smartwatch ini secara otomatis akan mulai melacak penerbangan saat take off, kemudian mentransfer data tanggal, durasi, rute, dan total flight time ke logbook penggunanya di situs flyGarmin.com.

Dengan aplikasi Garmin Pilot, flight plan bisa ditransfer ke smartwatch. Penggunanya pun bisa melihat daftar waypoint di dalam rute penerbangan.

D2 Mach 1 Pro juga dapat mengakses informasi aneka status dari dashboard seperti bahan bakar dan kelistrikan saat sedang tidak berada di pesawat.

Garmin turut menyediakan sejumlah fitur untuk keperluan lain di luar penerbangan, termasuk tracking lebih dari 30 jenis kegiatan olahraga, ECG, dan health monitoring.

Smartwatch yang memiliki rating ketahanan terhadap air mencapai 10 ATM (100 meter) ini dipasarkan seharga 1.400 dollar AS atau sekitar Rp 22,3 juta di situs Garmin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com