Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Body E-mail Lamaran Kerja dengan ChatGPT, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 12/11/2023, 14:01 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Dalam e-mail lamaran kerja, terdapat beberapa bagian yang perlu diisi dan dibuat oleh pengguna, salah satunya adalah body atau isi. Body e-mail lamaran kerja merupakan bagian yang penting dan tidak boleh terlewatkan.

Sebab, bagian tersebut berfungsi untuk menjelaskan minat dan tujuan pengguna dalam melamar pekerjaan. Bagi pengguna yang belum terbiasa, membuat body e-mail lamaran kerja mungkin bakal menjadi pekerjaan yang cukup sulit.

Baca juga: 4 Contoh Lamaran Kerja via E-mail dalam Bahasa Indonesia dan Inggris

Isi e-mail lamaran kerja

Lantas, sebenarnya apa yang ditulis di body email lamaran kerja? Untuk melamar pekerjaan, di body e-mail, pengguna harus membuat isi e-mail lamaran kerja yang tersusun secara terstruktur dengan berisi paragraf pengantar, isi, dan penutup.

Kemudian, dalam satu paragraf, cukup buat sekitar 2-3 kalimat. Paragraf pengantar bisa disusun dengan menggunakan salam pembuka, penjelasan sumber informasi lowongan kerja, pengenalan identitas singkat, dan penjelasan ketertarikan untuk melamar kerja.

Selanjutnya, paragraf isi bisa disusun dari menerangkan pengalaman kerja secara singkat, berikut kesesuaiannya dengan posisi pekerjaan yang hendak dilamar.Terakhir, paragraf penutup pada badan e-mail dapat diisi dengan informasi kontak pelamar dan salam penutup.

Kira-kira seperti itulah isi e-mail lamaran kerja. Pengguna yang belum terbiasa membuat isi e-mail lamaran kerja mungkin bakal mengalami kesulitan dalam merangkai kalimat-kalimat di bagian pengantar, isi, ataupun penutup.

Jika masih kesulitan, tak usah khawatir, terdapat salah satu solusi yang bisa mempermudah dalam membuat body e-mail lamaran kerja, yakni menggunakan ChatGPT. Lantas, bagaimana cara membuat body e-mail lamaran kerja via ChatGPT?

Cara membuat body e-mail lamaran kerja via ChatGPT

Sebagaimana cukup umum diketahui, ChatGPT merupakan program chatbot AI (Artificial Intelligence) berbasis Language Model (model bahasa), yang punya kemampuan untuk menanggapi berbagai macam perintah atau pertanyaan dari pengguna.

Baca juga: 4 Aplikasi Bantu Bikin Surat Lamaran Kerja Lebih Efisien dan Cepat

Dengan kemampuan itu, pengguna bisa meminta ChatGPT untuk membuat body e-mail lamaran kerja. Cara membuat body e-mail lamaran kerja via ChatGPT itu cukup mudah. Adapun cara membuat body e-mail lamaran kerja via ChatGPT adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi website ChatGPT ini https://chat.openai.com dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, pada kolom pengetikan pesan, silakan ketik prompt atau teks perintah untuk membuat body e-mail lamaran kerja.
  • Masukkan prompt dengan mendeskripsikan bentuk body e-mail sesuai keinginan.
  • Kirim prompt tersebut ke ChatGPT.
  • ChatGPT bakal menyajikan body e-mail lamaran kerja sesuai dengan perintah yang dimasukkan.
  • Jika hasilnya dirasa kurang sesuai, pengguna bisa klik opsi “Regenerate” dan ChatGPT bakal menyajikan variasi lain dari tanggapan sebelumnya.

Ilustrasi cara membuat body e-mail lamaran kerja dengan ChatGPT.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat body e-mail lamaran kerja dengan ChatGPT.

Cukup mudah bukan cara membuat body e-mail lamaran kerja dengan ChatGPT? Perlu diketahui, supaya bisa menghasilkan tanggapan yang sesuai, pengguna harus memasukkan prompt ChatGPT dengan tepat.

Adapun beberapa contoh prompt untuk membuat body e-mail lamaran kerja via ChatGPT adalah sebagai berikut.

Contoh prompt untuk membuat body e-mail lamaran kerja via ChatGPT

  • Saya akan melamar pekerjaan di perusahaan ABC untuk posisi A. Saya sudah bekerja selama B tahun di posisi yang sama. Tolong buatkan e-mail lamaran kerja dengan baik dan benar, serta profesional.
  • Buatkan e-mail lamaran kerja untuk posisi A. Gunakan bahasa yang profesional. Saya memiliki pengalaman kerja di posisi A selama B tahun dan memiliki beberapa prestasi, seperti C, D, dan E.
  • Saya lulusan baru yang memiliki keahlian A, B, C, D. Saya ingin melamar pekerjaan di perusahaan ABC untuk posisi A. Buatkan e-mail lamaran kerja untuk posisi A dengan menunjukkan minat dan motivasi yang kuat, serta kemampuan yang sesuai.

Prompt di atas hanyalah contoh. Pengguna tidak harus mengikuti sama persis prompt di atas untuk membuat body e-mail lamaran kerja di ChatGPT. Pengguna bisa membuat sendiri teks perintahnya sesuai keinginan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara membuat body e-mail lamaran kerja dengan ChatGPT. Penting untuk diingat, hasil yang diberikan ChatGPT sebaiknya tidak dipakai secara langsung.

Baca juga: 5 Aplikasi Gratis untuk Membuat CV Lamaran Kerja lewat HP

Pengguna bisa meninjau kembali hasil body e-mail lamaran kerja yang diberikan ChatGPT. Kemudian, pengguna dapat menyesuaikan isinya secara mandiri sesuai dengan kebutuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com