Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JBL Soundgear Sense Masuk Indonesia, Earphone Konduksi Udara Pertama

Kompas.com - 16/11/2023, 16:47 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Pabrikan audio JBL kembali merilis produk baru di Indonesia, kali ini berupa earbuds bernama Soundgear Sense untuk pengguna yang ingin tetap bisa mendengarkan suara dari lingkungan sekitar saat memakainya, seperti ketika berolahraga di luar ruangan.

JBL Soundgear Sense merupakan earphone berjenis open-air yang menggunakan teknologi konduksi udara alias air conduction untuk mengantar suara.

Berbeda dari bone conduction yang juga banyak diterapkan di earphone open-air, air conduction menghantarkan suara bukan lewat tulang pipi, tapi melalui udara seperti earphone konvensional.

Baca juga: Unboxing dan Hands-on JBL Tour Pro 2, TWS dengan Casing Pintar Harga Rp 5 Juta

Dibandingkan bone conduction, teknologi air conduction menawarkan kualitas suara lebih baik untuk earphone open-air. Suara dari earphone pun tidak "bocor" sehingga bisa didengar orang lain yang berada di sekitar pengguna.

Driver JBL Soundgear Sense yang berteknologi air conduction tidak dimasukkan ke lubang telinga, melainkan bertengger dengan pengait di daun telinga sehingga memberikan pengalaman open-air.JBL Driver JBL Soundgear Sense yang berteknologi air conduction tidak dimasukkan ke lubang telinga, melainkan bertengger dengan pengait di daun telinga sehingga memberikan pengalaman open-air.
Bedanya dari earphone atau TWS konvensional, JBL Soundgear Sense tidak memerlukan bud atau tip yang dimasukkan ke lubang telinga sehingga tak menyumbat suara-suara dari lingkungan sekitar dan lebih aman, misalnya saat bersepeda.

Alih-alih dimasukkan ke dalam kanal pendengaran, driver (16,2mm) earphone ini bertengger di depan lubang telinga dengan bantuan pengait yang terpasang di daun telinga.

JBL menyediakan aksesori neckband alias tali leher opsional untuk lebih jauh memantapkan posisi earphone di telinga penggunanya.

Menurut keterangan di situs JBL, Soundgear Sense merupakan earphone true wireless open-air pertama dari pabrikan tersebut. Tapi kenapa JBL membuat earphone open-air dengan konduksi udara?

Menurut Grace Koh, VP and GM Consumer Audio Harman Asia Pacific selaku pemilik merek JBL, alasannya adalah karena fitur sejenis seperti Ambient Aware ternyata populer di kalangan pengguna TWS.

Baca juga: Headphone JBL Tour One M2 Resmi Masuk Indonesia, Harga Rp 5 Jutaan

"Sehingga kami ingin membawa ini ke level berikutnya, dan membuat sebuah desain terbuka yang memberikan koneksi ke dunia luar," uajr Koh dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (16/11/2023).

Spesifikasi dan harga JBL Soundgear Sense di Indonesia

Selain driver air conduction berukuran 16,2 mm, Soundgear Sense turut dibekali empat buah mikrofon terintegrasi untuk melakukan voice call.

JBL Soundgear Sense varian warna hitam dan putihJBL JBL Soundgear Sense varian warna hitam dan putih

Keluaran audionya diklaim memiliki karakter "khas JBL" dengan algoritma khusus untuk meningkatkan respon suara di frekuensi rendah alias bass, selagi menyajikan vokal yang jelas, baik saat mendengar musik maupun panggilan telepon.

Karena ditujukan untuk aktivitas outdoor JBL Soundgear Sense yang mengugnakan koneksi wireless via Bluetooth 5.3 pun memiliki ketahanan terhadap debu dan air dengan sertifikasi rating IP54.

Daya tahan baterainya diklaim mencapai 24 jam dengan rincian 6 jam untuk unit earphone dan tambahan 18 jam dari charging case. Dengan speed charge, pengisian baterai selama 15 menit disebut bisa memberikan daya tahan selama 4 jam.

JBL Soundgear Sense sudah dipasarkan di Indonesia mulai 15 November 2023. Harganya adalah Rp 3.399.000 dengan dua pilihan warna, yakni hitam dan putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com