Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Cara Mempercepat Koneksi Internet untuk HP Android, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 20/12/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui cara mempercepat koneksi internet untuk HP Android. Untuk diketahui, koneksi internet di HP Android bisa lemot atau bahkan tidak bisa terhubung sama sekali secara tiba-tiba.

Saat masalah koneksi internet lemot di HP Android terjadi, pengguna mungkin bakal kerepotan. Pasalnya, pengguna jadi kesulitan untuk mengakses aplikasi atau website yang membutuhkan koneksi internet.

Baca juga: Perbedaan Istilah Internet dan Ethernet dalam Jaringan Komputer

Koneksi internet lemot di HP Android bisa dibilang merupakan masalah yang umum terjadi. Lantaran umum terjadi dan dapat menimpa kapan saja, pengguna akhirnya perlu mengetahui cara mempercepat koneksi internet di HP Android.

Lantas, bagaimana cara mempercepat koneksi internet di HP Android? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mempercepat koneksi untuk HP Android dengan mudah dan praktis.

Penyebab internet lemot di HP

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya untuk memahami dulu penyebab internet lemot di HP Android. Sebagaimana cukup umum diketahui, koneksi internet di HP Android datang dari jaringan seluler dan jaringan WiFi atau router.

Masalah di tiap jaringan tersebut dapat menyebabkan koneksi internet di HP Android menjadi lemot.

Misalnya, jika menggunakan jaringan seluler, salah satu penyebab internet lemot di HP Android adalah koneksi internet dari operator seluler yang dipakai tidak menjangkau area pengguna.

Kemudian, penyebab internet lemot di HP Android jika menggunakan jaringan seluler adalah pengguna mengaktifkan hotspot untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lain. Alhasil, koneksi internet dari jaringan seluler di HP terbagi dan menjadi lebih lambat.

Sementara itu, jika menggunakan jaringan WiFi dari router, salah satu penyebab internet lemot di HP Android yang umum terjadi adalah router diletakkan terlampau jauh dengan HP Android, sehingga HP Android tidak dapat menangkap sinyalnya secara optimal.

Penyebab-penyebab lain yang memungkinkan menimbulkan masalah internet lemot di HP Android tak menutup kemungkinan, termasuk gangguan pada sistem HP, kesalahan pengaturan pada HP, dan gangguan pada perangkat router yang dipakai.

Itulah beberapa penyebab internet lemot di HP Android. Setelah mengetahui penyebabnya secara umum, berikut adalah cara mempercepat koneksi internet di HP Android dengan mudah dan praktis.

Cara mempercepat koneksi internet di HP Android

Cara mempercepat koneksi internet untuk HP Android itu cukup mudah. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan pengguna untuk membantu mengatasi masalah internet lemot di HP Android, sehingga dapat mempercepatnya kembali.

Misalnya, jika menggunakan jaringan seluler, pengguna bisa memilih operator seluler dengan koneksi internet yang menjangkau area. Kemudian, jika menggunakan jaringan WiFi, pengguna bisa mengatur ulang posisi router dengan baik agar sinyalnya terjangkau.

Adapun penjelasan yang lebih lengkap mengenai cara mempercepat koneksi internet untuk HP Android dengan mudah dan praktis adalah sebagai berikut.

1. Pilih operator seluler dengan koneksi internet yang menjangkau area pengguna

Pertama, pengguna bisa mencoba untuk memilih operator seluler dengan koneksi internet terbaik di areanya. Tiap operator seluler memiliki jangkauan area koneksi internet. Tidak semua operator seluler menjangkau area yang ditinggali pengguna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com