Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Baru untuk Nobar saat Video Call

Kompas.com - 21/12/2023, 10:05 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Aplikasi perpesanan instan milik Meta, WhatsApp diketahui tengah menyiapkan fitur untuk mendengarkan musik atau menonton video bersama saat melakukan video call.

Keberadaan fitur anyar ini terendus situs yang kerap membagikan bocoran terbaru WhatsApp, WABetaInfo. Fitur tersebut konon bernama "listen to video and music audio together" alias mendengarkan video dan audio musik bersama.

Seperti namanya, fitur ini disebut memungkinkan semua orang dalam sesi panggilan video (video call) menonton video sekaligus mendengarkan audio musik ketika seseorang membagikan layar mereka.

Tak hanya musik, audio apa pun yang diputar di perangkat dengan opsi berbagi layar diaktifkan akan bisa didengar oleh orang lain dalam sesi video call.

Baca juga: 3 Fitur Baru WhatsApp di iPhone, Ada Pesan Suara Sekali Dengar

WhatsApp disinyalir tengah mengembangkan fitur baru listen to video and music audio together. Fitur ini memungkinkan pengguna bersama teman-temannya di video call, nobar alias watch party musik video terbaru dari grup band Korea favoritnya.WABetaInfo WhatsApp disinyalir tengah mengembangkan fitur baru listen to video and music audio together. Fitur ini memungkinkan pengguna bersama teman-temannya di video call, nobar alias watch party musik video terbaru dari grup band Korea favoritnya.
Bila bocoran akurat, maka ini bakal menjadi pembaruan signifikan untuk fitur screen sharing di WhatsApp. Pasalnya, sejak dirilis pada September lalu, fitur screen sharing hanya bisa membagikan visual layar tanpa suara/audio.

Jadi, sebenarnya saat ini, pengguna bisa membagikan video di ponsel lewat fitur screen sharing. Namun, kekurangannya audio dari video yang dibagikan, dibisukan.

Dengan demikian, video call di WhatsApp akan semakin mirip panggilan video di platform Zoom. Di Zoom, fitur sharing video seperti sudah ada cukup lama.

Baca juga: WhatsApp Punya Fitur Pin, Bisa Taruh Pesan Penting Teratas di Chat Pribadi dan Grup

Nah, dengan fitur baru ini, pengguna bisa menonton video sekaligus mendengarkan audionya, ketika seseorang menggunakan fitur screen sharing. Contoh sederhananya, pengguna bisa nonton bareng (nobar) alias watch party musik video terbaru dari grup band Korea favoritnya ketika video call WhatsApp.

Fitur ini konon hanya tersedia ketika pengguna melakukan video call dengan opsi kamera aktif, tidak berlaku jika kamera dimatikan dan panggilan audio, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman WABetaInfo, Kamis (21/12/2023).

Menurut laporan WABetaInfo, fitur "listen to video and music audio together" ini muncul di pembaruan WhatsApp beta terbaru untuk Android 2.23.26.18. Belum diketahui apakah fitur ini bakal dirilis ke seluruh pengguna atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com