Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Game Terbaik 2023 Versi OpenCritic, Ada "Zelda" dan "Marvel's Spider-Man 2"

Kompas.com - 23/12/2023, 19:20 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber OpenCritic

KOMPAS.com - Situs pengumpul ulasan game dari berbagai media, OpenCritic, merilis daftar game terbaik yang diluncurkan sepanjang tahun 2023.

OpenCritic mengumpulkan dan merangkum ratusan ulasan game dari berbagai situs berita ternama dari IGN, GameSpot, Forbes, hingga GamesRadar.

Skor tersebut kemudian dikonversi menjadi rating OpenCritic, yang dibagi menjadi "Mighty" (peringkat 10 persen teratas), "Strong" (peringkat 30 persen di bawah Mighty), "Fair" (game dalam persentil ke-30 hingga ke-60), dan "Weak" (peringkat 30 persen terbawah).

Tahap selanjutnya, OpenCritic menempatkan deretan game dengan rating terbaik dalam peringkat "2023 Hall of Fame", yang mencakup 12 game. Semua game dalam daftar ini memiliki skor tinggi alias Mighty.

Berikut ini adalah 12 game terbaik 2023 versi OpenCritic:

1. The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom

The Legend of Zelda: Tears of the KingdomPolygon The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom
Menurut OpenCritic, game terbaik yang dirilis pada 2023 adalah The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom (TotK). Sekuel The Legend of Zelda: Breath of the Wild ini menceritakan usaha karakter Link dalam menyelamatkan dunia Hyrule dari serangan monster.

Ganondorf yang sepanjang seri Zelda menjadi musuh bebuyutan Link kembali bangkit dari kubur. Jadi, pengguna memiliki misi utama untuk menghentikan upaya jahat Ganondorf.

The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom mendapatkan skor rata-rata 96 (dari 100) di OpenCritic. Dari 154 buah ulasan, sebanyak 97 persen di antaranya merekomendasikan pengguna untuk memainkan TotK.

Salah satunya adalah media IGN (memberi skor 10/10), yang mengatakan game dunia terbuka (open-world) ini menawarkan peta (map) yang lebih ambisius, kaya, dan kreatif ketimbang prekuelnya.

The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom tersedia secara eksklusif di konsol Nintendo Switch.

Baca juga: Daftar Game Nintendo Switch Paling Laris, Ada Mario Kart dan Zelda

2. Baldur's Gate 3

Baldur's Gate 3Steam Baldur's Gate 3
Berikutnya, ada Baldur's Gate 3 yang belum lama ini menyabet enam penghargaan di ajang penghargaan game skala dunia, The Game Awards 2023. Game ini juga memenangkan kategori penghargaan game terbaik alias Game of the Year.

Sekuel dari Baldur's Gate 2: Shadows of Amn ini mengisahkan usaha pemain untuk menyingkirkan parasit yang menjangkitnya. Parasit ini mampu mengubah korbannya menjadi monster yang ganas.

Dalam perjalanan untuk membunuh parasit ini, pemain bakal bertemu berbagai sosok yang mengalami kondisi yang sama, yakni Gale, Astarion, Wyll, Lae'zel, dan Karlach.

Pantauan KompasTekno, Baldur's Gate 3 juga mendapatkan skor 96 (dari 100) di OpenCritic seperti Zelda. Dari 140 buah ulasan, sebanyak 99 persen kritikus merekomendasikan game ini.

Menurut situs GamesRadar (skor 5/5), game ini memiliki kedalaman yang luar biasa. Bahkan dalam bab pertama alias perkenalan, setiap misi bisa diselesaikan dengan cara atau pilihan yang bervariasi. Jadi, pengalaman setiap pemain bakal berbeda-beda.

Adapun Baldur's Gate 3 tersedia di platform PC, PlayStation 5 (PS5), dan Xbox Series X/S.

3. Asgard's Wrath 2

Asgard's Wrath 2PCGamesN Asgard's Wrath 2
Asgard's Wrath 2 merupakan salah satu game yang paling unik dalam daftar 2023 Hall of Fame OpenCritic. Sebab, Asgard's Wrath 2 adalah satu-satunya game virtual reality (VR) dalam list tersebut.

Pengguna membutuhkan headset Meta Quest Pro, Meta Quest 2, atau Meta Quest 3 untuk memainkan Asgard's Wrath 2.

Bagi yang belum tahu, VR bisa menyimulasikan dunia 3D dalam game, sehingga pemain benar-benar berada dalam dunia game dan berinteraksi dengannya.

Dalam konteks Asgard's Wrath 2, game ini mengajak pemain untuk mengontrol dewa Norwegia yang bisa merasuki manusia. Pengguna nantinya akan menelusuri dunia terbuka, mengerjakan puzzle, serta melawan musuh dan bos yang menghalangi perjalanan.

Game VR ini mendapatkan skor rata-rata 93 di OpenCritic. Dari delapan ulasan yang dibuat, 100 persen alias semua kritikus merekomendasikan Asgard's Wrath 2.

Situs IGN (skor 10/10) menjelaskan bahwa Asgard's Wrath 2 merupakan standar baru bagi game VR. Game ini bisa dengan mudah menyaingi game berkualitas yang dikembangkan untuk platform PC dan konsol.

Hal ini karena dunianya yang indah, sistem pertarungannya yang seru, antarmuka (UI) yang baik, dan alur cerita dengan detail yang dalam.

4. Videoverse

VideoverseSteam Videoverse
Game terbaik keempat pada 2023 versi OpenCritic adalah Videoverse. Videoverse merupakan game PC yang menceritakan kisah Emmett, penggemar game yang senang menggunakan jejaring sosial bernama Videoverse, yang terintegrasi dengan konsol gaming Kinmoku Shark.

Hal ini mungkin familier bagi gamer yang kerap menggunakan jejaring sosial Miiverse di konsol Nintendo 3DS dan Wii U, program pengirim pesan MSN Messenger, dan forum lawas lainnya.

Nantinya Emmett bakal berinteraksi dengan pengguna lainnya di Videoverse, membagikan gambar bikinannya, dan menjelajahi komunitas gaming di jejaring sosial tersebut.

Videoverse mendapatkan rating 92 di OpenCritic. Dari 10 kritikus yang mengulas, sebanyak 88 persen merekomendasikan permainan ini. Salah satunya adalah The Guardian (skor 5/5), yang mengatakan bahwa Videoverse merupakan studi hubungan digital yang emosional.

Dialognya disebut menyentuh hati, autentik, dan kadang menyakitkan, terutama pada bagian-bagian yang berkaitan dengan perasaan kecemasan. Keseluruhan game ini membuat pengulas The Guardian merasa senang, sedih, dan menimbulkan perasaan nostalgia.

Baca juga: Pengembang Game Marvels Spider-Man 2 Diretas, Data Disebar di Internet

5. Against the Storm

Against the StormSteam Against the Storm
Against the Storm adalah game PC yang dikembangkan oleh Eremite Games. Dalam permainan ini, gamer ditugaskan untuk membangun berbagai desa dengan penghuninya masing-masing, seperti manusia, rubah, kadal, berang-berang, dan makhluk harpy.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com