Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Perkenalkan Kartu Grafis GeForce RTX 4090 Tanpa Kabel Daya

Kompas.com - 10/01/2024, 18:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Tweak Town

KOMPAS.com - Asus kembali memperkenalkan produk kartu grafis yang bertenaga besar tapi tidak membutuhkan kabel daya, kali ini berupa GeForce RTX 4090.

Biasanya kartu grafis dengan GPU teratas dari Nvidia itu perlu dipasangi kabel 12VHPWR yang bukan hanya merepotkan dan mengganggu pandangan, tapi juga berisiko meleleh.

Alih-alih kabel, kartu grafis bernama ROG Strix GeForce RTX 4090 BTF Edition dari Asus tersebut mengambil daya dari konektor khusus yang ditempatkan sejajar dengan slot PCIe x16.

Baca juga: Kabel GPU GeForce RTX 4090 Meleleh, Nvidia Dituntut di Pengadilan AS

Asus mengeklaim konektor ini sanggup menyalurkan daya hingga sebesar 600 watt ke kartu grafis. Tentu, kartu grafis mesti dipasangkan di motherboard dengan konektor yang bersangkutan.

Pabrikan asal Taiwan itu memang memiliki konsep "Back to the Future" alias BTF yang memungkinkan pemasangan kartu grafis tanpa kabel, dengan syarat menggunakan kartu grafis dan motherboard yang saling kompatibel.

Kartu grafis BTF Asus yang tidak memiliki kabel mengambil daya dari konektor khusus yang terletak sejajar dengan slot PCIe x16 di motherboard yang kompatibelAsus Kartu grafis BTF Asus yang tidak memiliki kabel mengambil daya dari konektor khusus yang terletak sejajar dengan slot PCIe x16 di motherboard yang kompatibel
Produk perdananya adalah kartu grafis Asus GeForce RTX 4070 Megalodon yang dipamerkan dalam pameran komputer Computex di Taiwan pertengahan tahun lalu.

Kini, Asus kembali mendorong konsep BTF lewat perkenalan ROG Strix GeForce RTX 4090 BTF Edition di Consumer Electronics Show (CES) 2024 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat.

Adapun motherboard BTF yang mendukung kartu grafis tanpa kabel saat ini juga dibuat oleh Asus, seperti ROG Maximus Z790 Hero BTF dan ROG Maximus Z790 Dark Hero.

Baca juga: Asus Dikabarkan Bersiap Produksi Kartu Grafis Tanpa Kabel Daya

Motherboard menggunakan rangkaian konektor daya yang ditempatkan di bagian belakang. Karena itu diperlukan pula casing yang kompatibel. Asus menggandeng pabrikan-pabrikan seperti Aerocool, Corsair, Inwin, dan Lian Li agar menelurkan casing BTF.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tweak Town, Rabu (10/1/2024), selain GeForce RTX 4090, Asus turut menelurkan kartu grafis BTF lain berbasis GPU GeForce RTX 4070 Ti Super yang baru diresmikan oleh Nvidia.

Sayangnya, sejauh ini belum ada informasi harga maupun ketersediaan mengenai produk-produk kartu grafis dan motherboard BTF Asus di atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com